Beranda Kabar Wisata Wakil Bupati Sugirah Hadiri Malam Puncak Lomba Patrol Tahun 2021 di Waroeng...

Wakil Bupati Sugirah Hadiri Malam Puncak Lomba Patrol Tahun 2021 di Waroeng Kemarang

0

BANYUWANGI – Wakil Bupati Kabupaten Banyuwangi Sugirah menghadiri langsung malam puncak lomba patrol tahun 2021 yang diadakan di Waroeng Kemarang. Hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi dan kebanggaan terhadap para pelaku seni Banyuwangi yang masih semangat untuk mengadakan lomba patrol di tengah keterbatasan di masa pandemi ini.

Sugirah memantau langsung keseruan acara yang dilaksanakan semalam pada Minggu (9/5/21) yang terbilang cukup antusias namun tetap menjalankan protokol kesehatan secara tertib. Sebanyak 5 peserta berhasil masuk ke babak final yang dibagi menjadi 2 kolter. Kloter pertama dilaksakan pada Sabtu (8/5/21) yang terdiri atas 3 peserta, yaitu Kharisma Blambangan Cungking, Mbah Gandrung Singojuruh, dan Joyokaryo Singotrunan. Pada Minggu malam sisa 2 peserta yang harus tampil dalam malam puncak, yaitu Pengamen Jalanan Dinas Sosial dan Jajang Selaras Lateng.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pelaku budaya dan pelaksana lomba yang tetap semangat melestarikan budaya yang adiluhung meskipun di tengah-tengah pandemi Covid-19,” ujar Sugirah.

“Lomba ini merupakan salah satu trobosan guna mempertahankan dan melestarikan kebudayaan daerah, khususnya patrol. Seperti tahun-tahun yang lalu, seharusnya lomba patrol menjadi salah satu agenda yang masuk ke dalam serangkaian Festival Banyuwangi, namun karena keterbatasan akibat pandemi maka hal ini tidak bisa dilaksanakan. Namun, semangat dari para pelaku seni menjadikan lomba ini terlaksana dengan baik,” tambahnya.

Menurut Wowok, pemilik Waroeng Kemarang yang juga merupakan salah satu pegiat seni di Banyuwangi, semangat dan antusias para pelaku seni dan budaya menggerakkan hatinya untuk memberikan fasilitas semaksimal mungkin untuk menghilangkan dahaga seniman untuk mengadakan lomba patrol, di moment bulan Ramadhan tahun 2021 ini.

“Waroeng Kemarang selalu menjadi tempat untuk uri-uri budaya. Beberapa waktu yang lalu beberapa teman-teman seniman datang dan berkumpul memohon kepada kami untuk mengadakan lomba patrol dan mereka sanggup untuk menjalankan protokol kesehatan agar acara menjadi aman untuk semua masyarakat yang hadir. Melalui lomba patrol ini juga maka kami akan mampu mengangkat kesenian patrol menjadi kesenian yang entertaining dan dapat dinikmati oleh khalayak umum,” pungkas Wowok.

Semua elemen yang terlibat berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi agenda tahunan dan mampu menggandeng Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi untuk terlibat di dalamnya.
(i)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here