Beranda Gaya Hidup Kesehatan Wajib Dicicipi! Hidangan Terancam Nan Lezat Ini Kaya Akan Nutrisi Hasilkan Kulit...

Wajib Dicicipi! Hidangan Terancam Nan Lezat Ini Kaya Akan Nutrisi Hasilkan Kulit Berseri

0

BANYUWANGI – Saat memasuki akhir pekan, itu tandanya tubuh perlu rehat sejenak setelah menghabiskan padatnya kesibukan di hari sebelumnya. Tak hanya berolahraga dan melancong ke tempat wisata di luar rumah. Melainkan, kalian juga bisa mengakhiri akhir pekan di rumah saja mengingat masa pandemi yang masih belum sirnah.

Mencegah masuknya Covid-19, hal utama yang perlu dijaga adalah imun tubuh. Untuk meningkatkan imunitas, kalian dapat melakukannya di rumah. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan sehat yang diracik sesuka hati dan sesuai selera, seperti contoh kudapan satu ini yang dapat menjadi pilihan bagi kalian supaya memiliki imun tubuh dan kulit yang sehat sekaligus berseri tentunya.

Yap! Kudapan ini berasal dari negeri kita sendiri yang dapat dibuat dengan sangat mudah. Sebut saja Salad Jawa. Salad Jawa memang beragam jenisnya, mulai dari pecel, urap-urap, dan Sayur Trancam. Sayur Trancam inilah yang mungkin masih asing di telinga generasi muda saat ini.

Padahal, jika ditelisik keberadaannya sudah sangat lama dinikmati oleh masyarakat Banyuwangi, terutama di wilayah bagian selatan. Namun, ternyata Sayur Trancam kini sudah menjadi kudapan sehari-hari maupun dijual di rumah makan.

Dengan menggunakan bahan dan bumbu yang sederhana, Sayur Trancam dapat dihidangkan tak sampai satu jam. Kuliner ini hampir sama dengan sayur urap-urap lantaran menggunakan bahan utama parutan kelapa yang berbumbu. Hanya saja yang membedakan adalah penyajian Sayur Trancam tak perlu direbus seperti urap-urap.

Sayuran Trancam ini terdiri dari kacang panjang, timun, kemangi, daun kenikir, tauge, daun kemangi, kencur, daun jeruk, cabai, dan bawang putih secukupnya. Ditambah dengan bumbu dapur yang sederhana, seperti garam dan gula.

Dengan bumbu dan bahan sayuran sederhana, kuliner ini cocok dicoba saat di akhir pekan. Pasalnya, Sayur Trancam memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Mengingat, sayur mentah memiliki kandungan antioxidan yang tinggi dan baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Selain itu, manfaat mengkonsumsi sayur mentah ialah dapat mencegah kanker, menurunkan berat badan (menu diet), mencegah penuaan dini, dan membantu proses detoks lebih cepat. Yuk agendakan mengolah Sayur Trancam!. Minggu, (6/6/21).

(Annisa Rahmawati)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here