Beranda Kabar Terkini Tradisi Unjung-Unjung Lebaran, Momen Kebahagiaan Bagi Semua Umat Muslim

Tradisi Unjung-Unjung Lebaran, Momen Kebahagiaan Bagi Semua Umat Muslim

0

Banyuwangi – Momen hari Raya Idul Fitri 1442 H menjadi momen kebahagian tersendiri bagi umat muslim, seperti yang di rasakan oleh masyarakat Karang Agung, Singotrunan, Kecamatan Banyuwangi.

Mereka terlihat sangat bahagia dan gembira ketika melakukan unjung-unjung (Silaturrahmi) ke sanak saudranya, karena mereka akan bertemu dan saling mendoakan serta bercerita perihal pengalaman selama ini.

Tradisi unjung-unjung saling maaf-memafkan di hari kemenangan ini dilakukan sehabis sholat Idul Fitri di masjid atau musolla terdekat, di mulai dari saudara yang lebih tau di lanjutkan ke senak saudara yang lain secara bergantian.

Namun, akibat pandemi yang masih menyelimuti daerah Kabupaten Banyuwangi, tradisi unjung-unjung masih dibatasi. Terdapat beberapa rumah yang tertutup dan tidak menerima tamu secara langsung.

Hal tersebut tidak menjadikan sanak saudara terdekat mengurungkan niatnya untuk bersilaturahmi. Sanak saudara yang bersilaturahmi tetap melaksanakan protokol kesehatan, dengan mencuci tangan sebelum masuk ke rumah, menjaga jarak, dan menggunakan masker kecuali ketika sedang makan.

“Saya selalu senang ketika Idul Fitri datang, karena saya bisa berkumpul dengan keluarga di Banyuwangi,” ujar Era, salah sanak saudara yang merantau di kota Banjarmasin sejak 9 tahun lalu.

“Untuk pulang ke Banyuwangi, juga saya harus melewati beberapa peraturan protokol kesehatan, mulai surat pengantar bebas covid-19 dan berkas lainnya,” tambah Era.

Tradisi ini selalu melekat dan menjadi ciri khas Hari Raya Idul Fitri bagi seluruh umat muslim.
(i)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here