Beranda Otomotif Solusi Menghemat Bahan Bakar Kendaraan Anda

Solusi Menghemat Bahan Bakar Kendaraan Anda

0

Mahalnya BBM berkualitas bagus membuat Anda harus bisa lebih irit untuk mengeluarkan dana membeli bensin buat kendaraan. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam hal tersebut antara lain :

Gunakan mobil pada saat yang tepat
Hindarilah mengunakan mobil untuk menempuh perjalanan dengan jarak yang pendek, ini lebih membuat bahan bakar mobil Anda lebih boros. Anda bisa gunakan sepeda atau bahkan jalan kaki tentu bermanfaat untuk memberikan kebugaran pada tubuh.

Mengunakan mobil dengan gigi yang tepat
Bila anda mengunakan mobil dengan gigi rendah akan membuat anda lebih boros bahan bakar, bukan bearti harus tinggi terus tapi disesuaikan dengan kondisi jalan raya. Sementara membiarkan mobil pada posisi top gear ketika melintasi jalan menanjak akan membuat bahan bakar anda lebih boros.

Mengemudi mobil dengan halus
Pada saat mengemudi gunakan kecepatan yang konstan, jangan sering menginjak pedal gas, sebab akan semakin banyak bensin yang berkurang.

Memanaskan mobil tidak terlalu lama
Membuang bahan bakar pada saat memanasi mobil terlalu lama, nyalakan mobil pada saat Anda sudah siap untuk pergi.

Mengunakan mobil tidak dengan kecepatan tinggi
Kecepatan di atas 110 km/jam akan membuang 20 % bbm lebih banyak bila anda mengendarai mobil dengan kecepatan sedang. Bawalah mobil dengan kecepatan yang konstan.

Tekanan angin ban mobil
Bahan bakar bisa semakin boros bila tekanan angin di ban mobil rendah, tekanan ban mobil selain untuk menghemat bbm juga akan memperpanjang usia ban mobil Anda.

Mengunakan ac mobil seperlunya
Ac mobil salah satu penyebab borosnya bahan bakar, gunakan ac seperlunya.

Memperhatikan beban Mobil
Semakin besar beban pada mobil semakin menyerap bahan bakar, angkutlah barang untuk menjaga beban mobil tetap stabil

Merawat mobil secara berkala
Lakukan perawatan mobil secara berkala untuk menjaga mesin tetap baik sehingga kinerjanya bisa bertahan lama yang akan membuat mobil kita tetap irit.

Gunakan kendaraan mobil seperlunya agar pengeluaran Anda bisa hemat. Pilihlah mobil yang bisa menghemat bbm yang beredar dipasaran. ( berbagai sumber )

Tinggalkan Komentar