Beranda Kabar Lainnya Tiga Ekor Banteng Masuk Di Area Perkebunan

Tiga Ekor Banteng Masuk Di Area Perkebunan

0

Media9.co.id,  Jember – Tiga ekor banteng kedapatan masuk areal perkebunan milik warga di Jember. Warga resah, karena takut areal pertaniannya rusak gara gara menjadi tempat mencari makan  kawasan banteng.

Bahkan beberapa warga sempat mengabadikan dalam ponselnya saat sekelebat satu dari tiga ekor banteng yang di ketumukan warga berlari di areal kebun jagung dan cabe milik warga Desa Sabrang, Kecamatan Ambulu Jember.

Meski warga telah berupaya mengusir banteng dari kebun dengan beramai ramai mendatangi areal kebun, namun tetap saja banteng tak mau beranjak dari kebun tersebut.

“kami sudah berupaya mengusir banteng itu, namun sia sia karena justru banteng berlari ke arah kebun yang lebih lebat tanaman jagungnya,”papar Hasan, salah satu warga setempat. Banteng banteng ini sangat mengganggu aktifitas warg , karena merusak lahan perkebunan.

Warga yang geram atas keberadaan kawanan banteng, kemudian melapor  kepada petugas BKSDA  Jember untuk mendapat tindak lanjut. Petugas dari BKSDA  Jember kemudian memasang  kamera trap untuk melihat aktifitas banteng tersebut .

Pemasangan kamera trap ini di kawasan yang strategis yakni di batang pohon tempat di mana banteng di temukan pertama kali oleh warga. Dua kamera untuk sementara dipasang di kawasan itu.

“Setelah mengetahui aktifitas banteng yang diduga berjenis kelamin betina berumur sekitar lima  tahun, petugas selanjutnya akan mengambil langkah pengusiran yang tepat agar banteng dapat  kembali ke habitatnya,” papar Ariyanti, petugas BKSDA Jember.

Keberadaan banteng tersebut di duga untuk mencari makan di kawasan perkebunan warga karena di kawasan hutan gunung watangan persediaan makanan menipis . (bbg)

Tinggalkan Komentar