Beranda Kabar Wisata Terus Kembangkan Wisata Kuliner, Banyuwangi Gelar Festival Lobster Di Pantai Mustika Pancer

Terus Kembangkan Wisata Kuliner, Banyuwangi Gelar Festival Lobster Di Pantai Mustika Pancer

0

Banyuwangi – Saat ini Banyuwangi telah dikenal sebagai kota pariwisata, maka tak heran jika pemerintah daerah bersinargi tinggi dalam mengembangkan setiap potensi yang ada. Tak hanya potensi alam dan budaya, sektor kuliner juga tak luput dari perhatian. Berbagai upaya dilakukan pemerintah daerah bersama seluruh stakeholder pariwisata untuk kembangkan wisata kuliner di Banyuwangi.

Salah satunya melalui Festival Lobster yang digelar pada Minggu, (4/4) di Pantai Mustika Pancer, Kecamatan Pesanggaran. Acara ini bertujuan untuk mendorong perkembangan wisata kuliner terutama di daerah pesisir pantai, serta mendongkrak branding Pantai Mustika yang selama ini dikenal sebagai sentra kuliner lobster.

Tak hanya sehari, festival ini juga masih berkaitan erat dengan Festival Banyuwangi Kuliner (Bakul) yang digelar selama dua hari (2-3 April 2021) ditempat yang sama dengan beragam agenda. Diantaranya demo memasak, pelatihan mengolah dan menyajikan lobster ala hotel bintang lima.

Festival Lobster dibuka langsung oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Feistiandani Azwar Anas. Ia menyampaikan bahwa festival lobster ini merupakan yang pertama digelar di Banyuwangi bahkan di Indonesia.

“Banyuwangi adalah salah satu penghasil lobster dengan kualitas bagus dan sangat diminati di tingkat ekspor. Maka dengan adanya festival ini saya berharap nantinya akan muncul nelayan-nelayan baru yang membudidayakan lobster dan warung-warung dengan kuliner lobster yang menjadi trade mark nya Pantai Mustika,” pungkas Bupati Ipuk.

Menariknya, tak hanya menekankan wisata kuliner, festival ini juga dikolaborasikan dengan konsep sport tourism dan seni budaya. Mengawali acara, sebanyak 300 pesepeda mengikuti kegiatan funbike dengan bersepeda keliling kawasan pantai mustika sejauh 16 km. Selanjutnya, diselenggarakan lomba memasak lobster yang diikuti oleh kelompok ibu-ibu dari Kecamatan Pesanggaran dan sekitarnya.

Sambil merasakan nikmatnya olahan lobster, seluruh masyarakat yang hadir juga dapat menyaksikan tampilan seni budaya berupa Tari Tumpang Pitu oleh Sanggar tari Kromo Sono Budoyo dan aksi aris cilik Nata Khan dalam menyanyikan lagu Pariwisata Banyuwangi. Selain itu juga turut hadir puluhan gadis dari kampung prima dan aktif (primitif) dengan pakaian primitifnya. Dengan jaga jarak, mereka berjajar menyambut kedatangan Bupati Banyuwangi.

Dalam sambutannya, Bupati Banyuwangi juga menyampaikan bahwa Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) di wilayah Bangsring akan bangun Lobster Center sebagai jujugan edu wisata baru di Banyuwangi. Beberapa pengusaha juga mengaku berminat untuk mengembangkan budidaya lobster di beberapa pantai Banyuwangi.

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here