Beranda Kabar Wisata Telunjuk Raung, Surga Tersembunyi di Kaki Gunung Raung

Telunjuk Raung, Surga Tersembunyi di Kaki Gunung Raung

0

Di Kaki Gunung Raung, tepatnya di Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi penuh dengan surga tersembunyi. Salah satunya adalah sebuah air terjun yang sangat tinggi yang sulit dilihat ujungna. Suasana yang sejuk, pepohonan yang rindang, dan jalanan taman yang indah memenuhi atmosfer jika traveller pergi ke tempat tersebut. Sangat cocok jika dikunjungi saat musim panas tiba.

Dari clue di atas, pasti kalian sudah tahu nama tempatnya. Yaps! Air Terjun Telunjuk Raung. Traveller hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam dari Banyuwangi kota untuk menuju tempat ini dengan menggunakan motor atau mobil pribadi. Akses jalan menuju tempat tersebut berupa jalanan beraspal sampai memasuki perkebunan. Memasuki perkebunan, pengunjung akan menjumpai jalan setapak berpasir, namun masih nyaman untuk dilalui motor dan mobil.

Parkir yang disediakan di Air Terjun Telunjuk Raung sangat luas. Fasilitas di tempat tersebut juga lengkap, terdapat musholla, taman, dan toilet. Taman yang bersebelahan dengan tempat parkir juga indah dan terdapat gazebo-gazebo untuk sekadar istirahat atau berfoto.

Untuk dapat menuju ke air terjun, pengunjung harus berjalan menuruni anak tangga. Anak tangga dibuat lebih landai agar pengunjung tidak merasa kelelahan. Perjalanan menuruni anak tangga tidak akan terasa lelah karena terbayar oleh pemandangan yang menyejukkan mata. Hijau persawahan dan jernihnya sungai memenuhi sebagian besar panorama di perjalanan.

Sesampainya di ujung bawah anak tangga, pengunjung dapat beristirahat sambil melihat hamparan tebing. Pengunjung juga dapat menceburkan kaki ke air yang jernih dan dingin untuk mengurangi rasa lelah.

Air jernih yang mengular menjadi sungai berasal dari air terjun. Sebelum memasuki kawasan air terjun, pengunjung dapat berenang dan menikmati kesegaran air terjun di kolam luas yang oleh warga sekitar biasa disebut sumber. Sumber tersebut memiliki mini waterfall dengan air yang jernih.

Pengunjung hanya perlu berjalan dari sumber sekitar dua hingga lima menit untuk mencapai Air Terjun Telunjuk Raung. Sesampainya di Air Terjun Telunjuk Raung, pengunjung akan merasakan hawa yang berbeda, atmosfir yang terasa sangat sejuk dan menyegarkan. Jika beruntung, pengunjung akan menjumpai pelangi yang melintang di depan air terjun.

Pengunjung harus berhati-hati jika hendak berenang di bawah air terjun. Tekanan yang tinggi dan air yang dalam dapat membahayakan pengunjung yang berenang. Pilihlah tempat yang agak jauh dari jatuhan air terjun karena cenderung lebih dangkal daripada daerah jatuhan air terjun.

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here