Beranda Kabar Lainnya Teknik Memelihara “ Puss “ Sehat

Teknik Memelihara “ Puss “ Sehat

0

Bagi penggemar kucing, melihat hewan kesayangannya tumbuh dengan sehat menjadi kebanggaan dan kepuasan tersendiri. Namun sebaliknya jika mengetahui “ puss”  kesayangan sakit sakitan dan kurang nafsu makan membuat sedih bahkan pemilknya kebingungan.

Untuk mengihndari hal ini ada beberapa tips memelihara kucing yang baik :

Menurut Dh. Fahmi,  Tempat tinggal dan lingkungan menjadi hal pokok yang perlu di perhatikan bagi penggemar kucing. Pastikan untuk membersihkannya setiap hari,karena kucing menyukai tempat buang air yang bersih. Selanjutnya sering membersihkan kuku dan bulu kucing (grooming). Kucing dengan bulu yang pendek akan membutuhkan perawatan bulu yang lebih singkat dan sederhana. Sedangkan kucing dengan bulu panjang biasanya harus di grooming secara rutin dan disisir setiap hari untuk mencegah bulu yang kusut dan rontok.

Ajak bermain, dekati kucing dengan duduk di sekitarnya, biarkan kucing mendekat untuk mencium aroma tubuh anda. Jangan pernah menyimpan koin, tali, atau hal yang membahayakan bisa di raih kucing. Karena jika tertelan bisa menyebabkan keracunan dan harus di angkat dengan operasi.

Asupan nutrisi yang cukup, beri makanan yang sesuai dengan kebutuhan kucing.karena merupakan hewan karnifora obligat, kucing membutuhkan makanan hewani untuk mendapatkan asam amino esensial (komponen protein). Jika kucing tidak mendapatkannya kondisi kesehatannya akan sangat terpengaruh. Selalu beri kucing dengan air segar dan jangan di biarkan kucing minum sembarangan. Beri makan kucing secara teratur .Jika kucing anda tidak diberi makanan kering.coba berikan 2-3 makanan kecil selama jangka waktu satu hari. Jika anda memberika  makanan kaleng tertentu, buang makanan yang tidak dimakan setelah 30 menit. Anak kucing yang masih kecil, harus di beri makan sehari 4 kali.sedangkan yang lebih besar harus diberi makan 3 kali sehari.

Kesehatan, anak kucing haruns lebih sering di bawa ke dokter hewan karena perlu di vaksin ketika umur 8-10 minggu, kemudian di ulang umur 12 minggu. Vaksin berguna untuk pencegahan penyakit seperti panleukopenia dan nbsp ,rhinotrakeitis dan calici virus. Jika kucing mengalami gejala sakit segeralah dibawa ke dokter hewan. Dokter hewan akan memberikan pengobatan dan pengarakan yang baik untuk pemilik kucing. Karena konsultasi dengan dokter hewan adalah cara terbaik untuk penanganan dan perawatan kesehatan yang optimal.

Nah, anda tertarik memelihara kucing ? tips dari Dokter hewan jaga klinik Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Jember ini mungkin perlu anda coba.. (bbg).

Tinggalkan Komentar