Beranda Kabar Desa Tanggap Darurat Corona Desa Tamansuruh Semprot Disinfektan Rumah Warga

Tanggap Darurat Corona Desa Tamansuruh Semprot Disinfektan Rumah Warga

0

Banyuwangi – Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Desa Tamansuruh Kecamatan Glagah untuk mencegah penyebaran virus Covid – 19 atau Corona. Selain melakukan sosialisasi pola hidup sehat, pemdes setempat juga melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah fasilitas umum serta rumah warga.

Sebelum melakukan penyemprotan Penyemprotan disinfektan dilakukan Apel Gerakan Siaga Covid – 19 yang dipimpin langsung oleh Kepala Desa Tamansuruh, Teguh Eko Rahadi, SAB di SDN 3 Mondoluko. Apel ini diikuti oleh jajaran perangkat desa, perwakilan BPD, Babinsa,  Bhabinkamtibmas, guru SD, LINMAS, PKK, perwakilan karang taruna, serta para tokoh masyarakat.

Usai apel, petugas langsung menyemprot seluruh ruangan kelas serta halaman sekolah. Kemudian dilanjutkan penyemprotan ke semua fasilitas umum sepertu gedung perkantoran dan tempat ibadah, serta rumah warga.

“Total ada sebanyak kurang lebih 1350 bangunan yang kita semprot disinfektan untuk mencegah penyebaran Corona,” kata Teguh Eko Rahadi, Senin (23/03/2020).

Menurut Teguh, penyemprotan disinfektan ini sebagai upaya pihaknya untuk mencegah penyebaran virus yang mengguncang dunia internasional tersebut. Terlebih saat ini sudah ada ratusan warga Indonesia yang positif Covid – 19, bahkan sudah ada korban meninggal dunia.

“Keputusan saya melakukan gerakan ini bukan main-main. Kewajiban saya selaku Kepala Desa saat ini adalah menyelamatkan warga Desa Tamansuruh dalam waktu hitungan jam, ini adalah masalah yang urgent. Selain itu saya juga mendapat intruksi baik dari pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat,” tegasnya.

Teguh menambahkan, meski saat ini Darurat virus Corona, masyarakat dihimbau agar tidak panik atau khawatir secara berlebihan. “Waspada harus. Tapi jangan panik. Tetap update informasi dan lakukan himbauan dari pemerintah,” ujarnya.

Masyarakat juga diminta untuk menahan diri agar tidak bepergian khususnya ke daerah pandemi Corona. Selain itu, masyarakat diminta agar menjaga kebersihan dengan menggalakkan gerakkan cuci tangan serta mengkonsumsi jamu tradisional untuk menambah daya tahan tubuh.

“Konsumsi jamu tradisional untuk menambah imun kekebalan tubuh, seperti yang sering dikonsumsi oleh leluhur kita dulu,” tutupnya. (Mef)

- Advertisment -

Tinggalkan Komentar