Beranda Kabar Terkini Tak Cukup Kuliner, Owner Sop Buntut Ibu Samino Juga Investasi di Bidang...

Tak Cukup Kuliner, Owner Sop Buntut Ibu Samino Juga Investasi di Bidang Properti!

0

Sebagai generasi kedua yang menjalankan bisnis kuliner Sop Buntut Ibu Samino, Joko Sri Wahyono mengaku harus punya tips dan trik agar bisnis turun-temurun keluarganya ini bisa tetap bertahan. Salah satunya, investasi di bidang properti. Seperti apa?

Tidak bisa dipungkiri, pandemi berdampak cukup signifikan pada bisnis kuliner Sop Buntut Ibu Samino ini. Joko harus memutar otak agar bisnis yang dirintis kedua orangtuanya sejak tahun 1973 tetap eksis dan bahkan semakin banyak pelanggannya. Salah satunya adalah memodifikasi varian menu yang disediakan.

“Selain berjualan lewat online, kita juga menawarkan menu-menu dengan harga Rp20 ribuan dan Rp70 ribuan. Karena kita berpikir, kalau pandemi masih berlangsung lama, daya beli masyarakat pasti makin turun. Otomatis masyarakat akan cari makanan dengan harga yang lebih terjangkau. Jadi kita menyediakan menu-menu dengan harga terjangkau dan menu premium dengan harga lebih tinggi,” cerita Joko di channel YouTube @Ruby Herman. Cerita ini juga ditayangkan oleh EL JOHN TV dalam program Indonesia

Kepada youtuber property itu, Joko juga bercerita soall rencananya untuk semakin menggenjot penjualan lewat online.

“Kami juga akan memperlebar jaringan. Untuk daerah-daerah yang memang lokasi konsumen kelas tinggi, kita akan buka resto Sop Buntut Ibu Samino. Sementara untuk daerah yang biasa, kita akan buka outlet express,” kata Joko yang mengaku awalnya tidak tertarik menjalankan bisnis warisan keluarganya ini.

“Awalnya setelah lulus sekolah saya ingin mencari pekerjaan tapi orangtua minta saya bantu-bantu usaha kulinernya ini, mulai bantu belanja, antar pesanan, dan menyiapkan bahan. Dari situ, lama-kelamaan saya mulai mencintai pekerjaan ini. Passion-nya sudah mulai tumbuh hingga sekarang,” ungkapnya.

Investasi Kuliner dan Properti

Outlet Sop Buntut Ibu Samino bisa ditemui di beberapa daerah seperti di Senayan, Depok, Kemang, Solo, dan beberapa mall di Jakarta. Resto dengan warna khas kuning dengan gradasi hijau ini memiliki menu andalan sop buntut dengan kuah bening.

“Pertimbangan kami, kalau kuah bening, semua golongan umur bisa menyantapnya. Tapi kalau kuah santan, pelanggan yang berusia 50 tahunan pasti sudah tidak bisa makan lagi karena takut kolesterol dan lain-lain,” kata Joko.

Selain sop buntut, disini juga tersedia menu ayam, bebek, sop konro, tongseng, hingga tumis sayuran.

Meski Sop Buntut Ibu Samino bisa bertahan sampai sekarang, Joko mengaku tetap memiliki investasi lain selain bisnis kuliner ini, yaitu investasi properti.

Ia mengaku sudah memiliki empat investasi properti di daerah Senayan, Sawangan, Pamulang, dan Serpong yang digunakan sebagai outlet Sop Buntut Samino.

“Awalnya kami menyewa tempat untuk buka outlet. Tapi ada saja masalahnya kalau menyewa properti. Ada yang tidak boleh diperpanjang sewanya padahal kita sudah banyak pelanggan di situ, biaya sewa yang tinggi, atau outletnya diminta sama pemilik karena mau dipakai usaha sendiri,” cerita Joko tentang pengalaman tak mengenakannya itu.

“Dari situ, saya berpikir harus punya properti sendiri. Mulailah mengumpulkan income untuk membeli properti. Walaupun masih bayar cicilan tapi kita tenang karena endingnya, properti itu akan jadi milik kita sendiri,” pungkasnya.

Selain merasa tenang punya properti sendiri sebagai tempat usahanya, Joko juga merasa investasi di bidang properti bisa saling memperkuat bisnisnya di bidang kuliner.

“Hitung-hitung saya investasi di bidang kuliner dan properti. Kalau misalnya bisnis kuliner sedang tidak jalan, kita bisa jual properti yang kita punya untuk dibelikan properti lain yang harganya lebih terjangkau. Lalu profit dari jual properti bisa kita buat bisnis kuliner lagi,” ujar Joko yang punya kunci sukses menjalankan bisnis kuliner ini, yaitu “Yang pertama adalah niat, kemudian konsisten, berdoa, dan sedekah pada golongan yang membutuhkan.” ujarnya.

Ingin ngobrol dan konsultasi soal investasi di bidang properti? Kamu bisa hubungi kami lewat media sosial Instagram @rahasiainvestasisukses dan Facebook: Rahasia Investasi Sukses.

Dan jangan lupa follow channel Youtube Ruby Herman untuk update info dan edukasi soal investasi properti lainnya.

(www.eljohnnews.com)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here