Beranda Liputan Daerah Sukseskan Program JKN-KIS, Rumah Sakit Wajib Tangani Pasien Dulu

Sukseskan Program JKN-KIS, Rumah Sakit Wajib Tangani Pasien Dulu

0

Media9.co.id, Surabaya – Rumah Sakit (RS) itu wajib menangani pasien terlebih dahulu, jangan meminta pembayaran dan administrasinya. 

“Pasien yang datang ditangani dulu, masalah adiministrasi akan diurus belakangan oleh pihak keluarga pasien,” kata Kepala Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) dr Ramlan Surabaya, DR IDG Nalendra DI, Sp B, Sp BTKV (K), Laksamana Pertama TNI dihadapan sejumlah awak media pada Gathering Media Massa dengan BPJS Kesehatan, malam ini.

“Tidak ada masalah kok adiministrasi diurus duluan, pasien ditangani lebih dulu sebab ini berurusan dengan nyawa manusia,” tambahnya.

Dan untuk pasien rawat inap, dikatakan DR Nalendra tidak boleh dipulangkan terlebih dahulu seperti kebanyakan kasus yang ada. 

“Pada RSAL dr Ramlan, itu kami ada pasien rawat inap selama 1 bulan, dan itu tidak kami pulangkan, kok,” paparnya lagi. 

Dikatakan pula oleh DR Nalendra, pihak rumah sakit wajib berbicara dari hati terkait dengan pasien rawat inap tersebut.

“Jika pengelola rumah sakit  berbicara dengan hati, maka untungnya lebih banyak, seperti yang dilakukan RSAL dr Ramlan,” tambahnya. 

Apalagi, terkait dengan pasien yang menjalani operasi, itu tidak ada aturan untuk dipulangkan terlebih dahulu. 

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Divisi Regional VII Jawa Timur, Handaryo juga menyampaikan bahwa program JKN-KIS ini bukanlah sebuah hambatan bagi pihak rumah sakit.

“Dalam hal ini, tangkaplah program JKN-KIS ini sebagai peluang, bukan sebagai hambatan,” katanya.

Handaryo juga menerangkan jika dengan adanya sarpras yang menunjang, itu sebenarnya bisa menunjang kinerja rumah sakit lebih cepat lagi dalam menangani pasien. ( afu )

Tinggalkan Komentar