Beranda Kabar Usaha Inspirasi Strategi Manajemen Penjualan Yang Jitu

Strategi Manajemen Penjualan Yang Jitu

0

Saat ini, banyak manajer senior dan manajer penjualan berjuang mempertahankan kinerja pertumbuhan mereka namun mengabaikan tugas pokok mereka untuk mengelola kinerja tim penjualan. Padahal, jika ingin membawa tim ke tingkat berikutnya, pertimbangan untuk mengembangkan sebuah system menejemen kinerja penjualan harus dilakukan. Bagaimana caranya:

Pertama-tama, nilailah tim penjualan Anda saat ini untuk memahami kinerja individu masing-masing. Analisa secara obyektif mana orang-orang yang mampu menghasilkan jumlah dan yang tidak. Kemudian pangkas dan mainkan perangkat yang ada di oganisasi Anda untuk memastikan Anda mengambil tindakan korektif dan memiliki kesempatan memperbaiki kinerja.

Kedua, belajar tentang bagaimana merekrut pemain untuk tim penjualan Anda. Hal ini membutuhkan perhatian yang ketat terhadap detail yang berhubungan dengan penetapan deskripsi pekerjaan, pengembangan proses perekrutan, dan penyiaran lowongan pekerjaan. Kemudian melalui penyaringan yang sangat ketat dengan wawancara dan metodologi pemeriksaan referensi.

Ketiga, tetapkan pengukuran  yang baik untuk mengukur serta memantau kinerja tim penjualan Anda. Saat ini, dengan CRM atau alat otomasi pendorong penjualan, Anda bisa dengan mudah untuk mendapatkan aktivitas yang jelas dan ringkas serta saluran evaluasi baik harian, mingguan, serta bulanan. Kembangkan pengukuran tersebut dan integrasikan kedalam pertemuan rutin dengan tim penjualan Anda, baik secara kolektif dan individual. Hal tersebut akan membantu Anda untuk mengembangkan harapan kinerja manajemen penjualan dengan staf Anda, serta budaya akuntabilitasnya.

Keempat, berjalan dengan mengembangkan rencana tindakan korektif dibawah standart pemain dalam tim penjualan Anda. Rencana tindakan perbaikan harus menjadi pendekatan standart untuk memperbaiki kinerja penjualan. Semuanya juga harus dipahami dengan baik dan didokumentasikan serta diterima oleh semua orang dalam tim Anda.

Seorang tenaga penjualan harus tahu ketika mereka gagal untuk meraih jumlah target atau mencapai kuota penjualan pada periode tertentu. Disinilah mereka akan memakai tindakan korektif yang akan menentukan serangkaian langkah-langkah diperlukan untuk meningkatkan kinerja dalam jangka waktu yang terbatas waktu. Bentuk pemahaman yang jelas tentang konsekwensinya, dan hal yang tidak meningkatkan kinerja penjualan.

Kelima, pastikan Anda memiliki investasi yang tepat, baik pelatihan penjualan yang baik tentang produk maupun teknik penjualan. Selain itu, pastikan Anda memiliki system pelatihan penjualan yang sistematis dan berkelanjutan dengan tim penjualan Anda.

Keenam, pastikan Anda memahami pentingnya pembinaan tim penjualan untuk sukses. Tugas seorang pemimpin perusahaan atau manajer penjualan adalah mengembangkan sebuah system pembinaan untuk memastikan tenaga penjualan agar bermain dengan baik dan selaras.

Seorang pemimpin perusahaan atau manajer penjualan juga penting untuk memiliki hubungan yang aktif dan terlibat dengan setiap anggota tim. Pastikan setiap anggota tim menerima umpan balik yang tepat dan jujur pada kinerja mereka, kemudian beri saran tentang cara meningkatkan kinerja mereka. Tenaga penjualan membutuhkan perhatian seperti tim lain di perusahaan Anda, dan merupakan bagian dari system menajemen kinerja penjualan. Anda harus focus pada pembinaan staf, dan pastikan mereka memahami siapa mereka berdiri dalam organisasi Anda.

Akhirnya, system penjualan yang baik, system manajemen kinerja mencakup insentif dan penghargaan; termasuk komisi/ insentif bonus, insentif keuangan serta program-program pengakuan. Banyak perusahaan gagal untuk mengakui kekuatan insentif non-tunai dengan memotivasi tim penjualan mereka.

Tenaga penjualan bekejra sama seperti orang lain, baik untuk upah uang atau upah psikis. Penting untuk mengenali komponen-tunai atau pengakuan. Sangat mudah untuk mengenali upaya tim penjualan Anda melalui kontes, penghargaan kepada tenaga yang baru saja menutup transaksi, atau pengkuan di depan rapat perusahaan. Semua hal dapat menambah komponen yang kuat. Buat pengakuan dan insentif program secara keseluruhan. Jadi, jika perusahaan  Anda tertarik dalam mempercepat penjualan dan kinerja tim penjualan ketingkat berikutnya, pertimbangkan untuk, membangun system penjualan kinerja formal manajemen yang mencakup semua unsur yang baru saja disebutkan. (sme )

Tinggalkan Komentar