Beranda Kabar Wisata Traveling Serunya Berwisata Sambil Bertani

Serunya Berwisata Sambil Bertani

0

Jember – Untuk wisata akhir tahun, pertimbangkan belajar bertani. Selain akan menjadi refresing yang menyenangkan, juga memberikan pengalaman dan pembelajaran bertani yang bermanfaat.

Akhir tahun selalu di penuhi dengan rencana wisata keluarga. Banyak yang merancang perjalanan jauh ke luar negeri atau ke luar kota. Untuk sebagian keluarga hal ini menjadi idaman yang tak boleh di lewatkan karena kenangannya tak terlupakan.

Tetapi untuk mencari kenangan yang “abadi” banyak alternative lain yang murah namun memiliki nilai berbeda. Lebih dari itu, banyak pihak yang menawarkan paket wisata yang menarik sehingga persiapannya tak akan melelahkan. Salah satunnya adalah berwisata sambil belajar bertani.

Berwisata jenis ini sedang tren dilakukan. Selain menjadi acara refresing juga akan merupakan bahan pembelajaran bagi seluruh anggota keluarga.

Praktik bertani

Bertani sebenarnya menyenangkan. Menggarap sawah atau ladang merupakan kegiatan yang bisa menggembirakan. Karena itu sambil, berwisata bisa memilih paket yang ada sesi menanam padi, membajak sawah atau berkebun, tak sekedar berjalan-jalan di pematang sawah yang hanya menyaksikan keindahan alam dan hasil karya petani.

Sebenarnya kesempatan ini dibuat gratis kalau  punya family yang memiliki sawah atau ladang pertanian di kampung. Jika hal ini yang memungkinkan, pilih saat proses bertani yang menarik minat. Misalnya saat musim tanam padi atau membajak sawah. Bisa juga saat panen. Sedangkan kalu berkebun, tak ada masalah musim. Jika kebetulan bukan musim panen, bisa belajar bertanam pohon. Dan tentu saja ini akan menjadi pengetahuan yang berharga bagi anak-anak yang umumnya hanya mengonsumsi buah tanpa tahu proses penanamannya.

Namun seandainya tak punya family petani, bisa memilih paket-paket wisata yang ada proses bertaninya. Sekarang banyak lembaga atau perusahaan perkebunan yang menawarkan ini. Yang perlu di perhatikan adalah harus jeli melihat paket yang di tawarkan. Karena mereka mengelola ini sebagai sebuah usaha, hampir setiap kegiatan ada tarifnya. Ini mungkin tindakan yang fair tetapi kalau kelemahan bisa memberantakkan. Apabila jika setiap hal yang mau kita ambil selalu harus di bayar.

Karena itu harus disiapkan apa yang ingin di lakukan. Misalnya jika keinginannya menanam padi atau membajak sawah harus cek ke lokasi, apakah sesuai dengan musimnya. Tidak perlu khawatir kita akan kesulitan karena tak punya pengetahuan berarti sebab di sana ada tim dari penngelola yang akan mengajari dan membimbing kita, seperti bagaimana cara menanam padi yang benar, bagaimana membajak sawah, dan sebagainya.

Namun jangan lupakan melakukan riset liwat internet. Banyak diantara keluarga-keluarga yang mengambil paket ini sebelumnya dan menuliskan pengalaman mereka di blog atau akun facebook mereka. Kita bisa belajar dari mereka sambil meliohat foto-foto supaya kita bisa memiliki bayangan lebih besar, juga menjadi bahan masukan untuk Persiapan kita bisa memiliki bayangan lebih besar, juga menjadi bahan masukan untuk persiapan kita.

Bertanam buah

Kegiatan ini menarik. Tak banyak dari anak-anak kita yang tahu bagaimana proses menanam pohon mangga dilakukan. Bahkan banyak orangtua yang tak paham bagimana pohon stroberi atau sayuran di tanam, pohon anggrek di pelihara, dan sebagainnya. Belum lagi cara mencangkok dan proses pertanian lainnya.

Akan lebih menarik pada saat bersamaan terjadi musim panen. Misalnya, kita ingin belajar menanam stroberi. Setelah itu kita akan belajar bagaimana menanamnya. Sehingga proses bertaninya jadi komplet. Supaya hal ini terjadi, sebelum mengambil paket itu harus cari informasi selengkapnya. Jadi tak sekedar menelpon untuk mendaftar tetapi menanyakan paketnya lebih rinci agar optimal memanfaatkannya.

Pertimbangkan pula untuk mendapat pendidikan menanam yang bervariasi. Misalnya, selain menanam bunga dalam pot dan memeliharannya. Hal ini penting karena bisa segera dipraktikan di rumah.

Memancing

Alternative lain adalah memancing. Di sebuah perkebunan yang khusus melayani wisata, kolam pancing hampir selalu ada. Biaya yang harus diperhatikan adalah biaya sewa pancingnya, umpan, dan harga tangkapan yang ingin kita bawa pulang. Namun tarifnya tak mahal. Untuk sewa pancingnya paling sekitar Rp. 15.000-an sedangkan ikan yang di tangkap biasannya bisa kita beli per kilogram.

Menginap

Jika mau menginap, biasannya ada dua alternative yang ditawarkan. Kita bisa melakukannya dengan cara berkemah di lokasi yang di sediakan, bisa juga menyewa semacam cottage di lokasi sekitar itu. Kalau ingin sedikit bertualang, berkemah akan mengasyikkan. Hanya saja tanyakan apakah pengelola menyediakan tendanya dan berapa tarifnya. Selain itu, alternative ini tak selalu tersedia di tiap pihak yang menawarkan wisata bertani.

Sedangkan jika ingin menyewa conttage, perhatikan tarifnya dan fasilitas apa saja yang di sediakan. Karena menyewa contagge atau rumah penduduk tidak sama dengan sewa contagge yang di kelola lebih professional. Misalnya contagge ternyata hanya menyediakan tempat, sedangkan makanan harus masak sendiri. Karena itu jika memang berminat masak sendiri harus siap-siap memasak sedangkan jika menerima masakan jadi harus memberi tahu pihak pengelolanya.

Perlengkapan

Meski para petani biasanya turun ke sawah dan ladang tanpa menggunakan alas kaki, sebaiknya tak perlu ditiru karena anak-anak tentu tidak bisa. Selain itu, ada kalannya kaki menginjak duri atau digigit serangga. Karena itu gunakan alas kaki. Tetapi jika turun ke sawah biasanya tak perlu menggunakan alas kaki karena hanya membuat kaki kotor. Namun harus tetap hati-hati.

Berfoto

Jangan lupakan perlengkapan dokumentasi. Meski handphone memiliki kamera untuk memotret, akan lebih baik jika menggunakan kamera khusus karena kualitasnya akan lebih baik. Jangan lupakan juga merekam vidionya.

Yang boleh ikut

Jika memiliki balita, pertimbangkan untuk tidak mengambil wisata ini. Karena selain membahayakan si balita, juga akan merepotkan. Program ini lebih cocok bagi keluarga yang anaknya sudah duduk di sekolahh dasar di mana pengalamannya akan memperkaya pengetahuan mereka tentang bertani.

Karena itu jika ingin berwisata yang seru tapi memiliki muatan pendidikan, boleh coba wisata bertani. ( sme )

Tinggalkan Komentar