Beranda Kabar Wisata Sertifikasi Guide Khusus Kawah Ijen Diserahkan Kawah Ijen Siap Kedatangan Pengunjung

Sertifikasi Guide Khusus Kawah Ijen Diserahkan Kawah Ijen Siap Kedatangan Pengunjung

0

Banyuwangi -Menyambut diberlakukannya masa kebiasaan baru (New Normal), Kabupaten Banyuwangi mulai berbenah dan bersiap untuk kembali menghidupkan industri pariwisatanya. Salah satu destinasi unggulan yang telah dipersiapkan adalah Taman Wisata Alam Kawah Ijen.

Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan saat kunjungan wisata ke Kawah Ijen ini, Pemkab Banyuwangi telah mempersiapkan Guide Khusus. Sebanyak 96 guide khusus yang telah selesai mengikuti pelatihan, telah diberi sertifikasi dan PIN yang diserahkan langsung Bupati Abdullah Azwar Anas, kemarin. Saat penyerahan tersebut, Bupati Anas dalam sambutannya berpesan kepada para guide agar senantiasa menjaga image, keamanan, kenyamanan, dan kesehatan khususnya bagi para pengunjung. “Jaga image tentang Ijen. Saya tidak mau ada wisatawan yang turun dari Ijen kena Covid,” tandasnya.

Terkait keberadaan guide khusus untuk kawasan wisata Kawah Ijen ini, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, MY Bramuda menjelaskan, untuk kunjungan ke Kawah Ijen yang menggunakan guide, wajib menggunakan guide khusus yang telah dipersiapkan.

“Sebelum ini kan banyak rombongan dari luar daerah yang datang dengan membawa guide sendiri. Padahal guide yang mereka bawa itu tidak tahu banyak tentang Kawah Ijen. Untuk itu, kita telah mempersiapkan guide khusus. Mereka telah melalui proses seleksi dan pelatihan, sehingga layak mendapatkan sertifikasi,” jelas Bramuda.

Ditambahkan, selain untuk Kawah Ijen, destinasi wisata yang akan dipandu oleh guide khusus adalah; Wisata Adat Desa Kemiren, Alas Purwo dan Sukamade. “Pembentukan guide khusus ini adalah untuk pemberdayaan guide lokal yang layak dan bersertifikasi. Agar mereka bisa bekerja secara profesional,” kata Bramuda sembari menambahkan, pembukaan kunjungan ke Kawah Ijen masih menunggu keputusan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur. (b)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here