Beranda Teknologi Sejarah Google, Dari Garasi Hingga Menjadi Raksasa Teknologi Dunia

Sejarah Google, Dari Garasi Hingga Menjadi Raksasa Teknologi Dunia

0

Media9.co.id, Jember – Google Inc. adalah perusahaan raksasa yang bergerak dibidang teknologi  yang berbasis di Amerika Serikat. Tapi taukah Anda bagaimana sejarah awal berdirinya google?

Awalnya, Google merupakan proyek penelitian dua mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford, Larry Page dan Sergey Brin. Pada awal 1996, mereka mengembangkan teori bahwa sebuah mesin pencari yang berdasarkan analisis matematika hubungan antara situs-situs web akan memberikan hasil yang lebih baik daripada dengan menggunakan teknik-teknik pencarian dasar yang digunakan pada saat itu. 

Secara resmi Larry Page dan Serge Bin mendirikanperusahaan Google Inc. tepatnya pada 7 september 1988 di ruang garasi rumah teman mereka di Menlo Park, California. 

Pada Februari 1999, perusahaan tersebut pindah ke kantor di 165 University Ave., Palo Alto, California sebelum akhirnya pindah ke “Googleplex” pada akhir tahun tersebut.

Google menjadi populer di antara pengguna Internet karena desainnya yang sederhana dan ‘bersih’ serta hasil pencariannya yang relevan. 

Pada tahun 2001 dibulan September, mekanisme pemeringkatan Google (PageRank) diberikan hak paten Amerika. secara resmi diberikan kepada Leland Stanford University dan mencantumkan nama Lawrence Page sebagai sang pencipta.

Februari 2003, Google membeli Pyra Labs, pemilikBlogger, sebuah situs web pionir dan pemimpin hosting weblog. Langkah yang diambil tampak tidak sejalan dengan misi umum Google. Namun langkah ini membuat Google dapat menggunakan informasi dari posting-posting blog untuk memperbaiki kecepatan dan relevansi artikel-artikel di Google News.

Puncak kejayaan Google adalah pada tahun 2004, Google mengurus hampir 80 persen dari seluruh permintaan pencarian di Internet melalui situs webnya dan klien-klien seperti Yahoo!, AOL dan CNN. 

Google berada di posisi ketiga perusahaan paling kaya sejagat. Hingga saat ini produk yang dihasilkan Google merambah berbagai aspek, meliputi jejaring sosial sampai perangkat lunak pengolah kata yang menyaingi Microsoft.

Hanya saja, beberapa investasi Google tidak terlalu sukses, misalnya Google+ yang sampai sekarang masih terengah-engah menyaingi Facebook dan Twitter.

Namun, Google bisa sedikit sumringah terkait proyek android. Piranti lunak untuk telepon pintar itu kini menguasai pasaran dunia. Alhasil kekayaan Google ditaksir mencapai USD 248 miliar atau Rp 2.393 triliun.(Tam)

Tinggalkan Komentar