Beranda Kabar Wisata Kuliner Segarnya Dawet Ireng, Dipercaya Hilangkan Toksin Dalam Tubuh

Segarnya Dawet Ireng, Dipercaya Hilangkan Toksin Dalam Tubuh

0

JEMBER – Jajanan pasar kini menjadi tren, bahkan mulai langka karena jarang di wilayah  perkotaan. Namun di lokasi Pujasera Warung Babe Jalan Jawa, Kecamatan Sumbersari, Jembe, Jawa Timur, ditemui minuman segar tradisional yang akrab disebut Dawet Ireng (dawet hitam).

Minuman segar yang dawetnya khas berwarna hitam itu, dipercaya dapat menghilangkan toksin dalam tubuh. Pasalnya  berbahan alami dari tepung oman yang merupakan hasil olahan dari batang padi yang digiling dan dibakar, sebelum kemudian diolah menjadi dawet ireng.

“Untuk tepung oman ini, bahan utamanya, langsung didatangkan dari Purworejo, Jawa Tengah tempat asalnya,” kata owner Dawet Ireng Anas saat dikonfirmasi wartawan, Minggu sore (24/11/2019).

Mengapa disebut dawet ireng, karena khas dari cendolnya yang berwarna hitam. “Bahasa jawa hitam itu ireng, makanya disebut dawet ireng. Selain bahan utamanya itu, juga ada cendolnya dari sagu aren yang berwarna hijau itu, umum yang sering kita tahu,” katanya.

Namun minuman tradisional itu, oleh Anas ditampilkan dengan gaya kekinian. Untuk lebih menarik konsumen. Dengan toping tape ketan, durian, alpukat, dan nangka. Kesegaran minuman dawet ireng menjadi lebih menarik untuk dinikmati. “Jadi tidak hanya dawet ireng biasa, untuk memberikan pembeda,” katanya.

Terkait harga dawet ireng produksinya itu, Anas pun mematoknya murah dan terjangkau.”Harga variatif, untuk ori (hanya dawet hitam) Rp 6 ribu, dengan topinga alpukat, tape ketan, nangka pilih salah satu, Rp 8 ribu, kalau ditambah durian istilahnya komplit Rp 15 ribu,” sebutnya.

“Untuk peminat generasi muda khususnya kalangan mahasiswa banyak yang beli. Bahkan banyak dicari, karena hanya satu-satunya di Jember,” sambungnya. ( ark )

Tinggalkan Komentar