Beranda Teknologi Seberapa Sehatkah Komputer atau Laptop Anda ?

Seberapa Sehatkah Komputer atau Laptop Anda ?

0

Jember – Jangan menunggu sampai computer atau laptop anda “K.O”. Jika ingin computer atau laptop anda selalu sehat, periksa secara berkala. Kami akan membantu anda dengan berbagai tip dan trik yang berguna bagi computer atau laptop anda.

Kasus yang biasa terjadi

Kasus : Saat booting, komputer atau laptop tidak merespon dan kemudian muncul error.

Diagnosa : Setting BIOS (basic input output system) tidak benar dan mengalami eror. Atau bisa juga tidak ditemukan OS yang bisa di-load oleh system

Solusi : Setting ulang BIOS yang eror tadi, biasanya di tunjukkan di mana error-nya, baca dengan teliti keterangan yang muncul. Periksa juga kesehatan komputer/ laptop anda, terutama menyangkut setting voltage.

Kasus : Komputer / laptop tiba-tiba crash setelah bekerja cukup lama.

Diagnosa : Biasannya masalah klasik seputar suhu yang iverheat, biasanya banyak terjadi pada prosesor dan video card.

Solusi : Masalah bisa di atasi dengan membersihkan heatsdink CPU atau video card tersebut. Ganti apabila rusak, bersihkan jika hanya kotor dan berebu saja. Jika perlu di tambahkn fan tambahan untuk menjaga suhu dalam  casing tetap dingin. Selain itu, periksa juga kecepatan putar fan dan penunjuk suhu dalam BIOS.

Kasus : Komputer/ laptop biasanya berjalan normal, kemudian tiba-tiba bekerja sangat lambat saat melakukan load yang tinggi. Seperti misalnya, anda menonton DVD, atau HD Vidio, atau sedang menggunakan aplikasi 3D.

Diagnosa : Biasanya ini di sebabkan karena permasalahan suhu dan power supply, di mana biasannya aplikasi yang membutuhkan load tinggi akan memakan resource hardware yang tinggi juga. Utamanya jika anda menggunakannya untuk menonton film kualitas tinggi (HD DVD) atau memakai aplikasi 3D yang membutuhkan banyak rendering. Hal itu akan menguras daya dari PSU dan membuat video card bekerja ekstra keras yang menyebabkan habisnya daya dari PSU dan chipset video card menjadi jauh lebih panas (overheat)

Solusi : Pertama yang harus anda lakukan adalah mencek voltage PSU yang bisa dilihat dalam BIOS, jika ini tidak bermasalah periksa lagi kemampuan video card anda. Jika memang spesifikasinya sudah tidak memungkinan lagi, jangan dipaksakan. Ini hanya akan merusak video card anda tersebut. Solusinya ganti video card anda tersebut dengan spesifikasi yang lebih bagus.

Kasus : Komputer / laptop tiba-tiba “hang”, namun tidak beberapa lama PC tersebut bekerja normal kembali.

Diagnosa : Masalah bisa bersumber dari RAM anda, apakah memang cukup besar atau malah kurang. Dan juga bisa terjadi permasalahan pada harddisk

Solusi : Lakukan pengecekan kapasitas memori dengan aplikasi memtest. Jika yang di gunakan hingga 80 %, anda harus menambah fisik RAM tersebut. Saat ini standart RAM seharusnya adalah 1GB, dijamin anda akan terhindar dari masalah RAM ini. Selain itu masalah juga bisa terjadi pada harddisk anda, kemungkinan terjadi error pada saat read and write, ini bisa anda periksa dengan menggunakan HD Tune. Jika kasus tersebut terjadi pada saat anda memasukkan CD/DVD, patikan media CD/ DVD tersebut dalam keadaan bagus dan tanpa goresan yang dalam, jika diperlukan lakukan claning optical disk anda dengan media pembersih yang banyak dijual di pasaran.

Tinggalkan Komentar