Beranda Kabar Lainnya Ribuan Maba Unmuh Jember Dibekali JKN

Ribuan Maba Unmuh Jember Dibekali JKN

0
Maba Unmuh Terima Pembekalan JKN

Jember – Sebanyak 1500 orang mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Jember,  menerima pembekalan tentang JKN-KIS. Pembekalan ini merupakan komitmen dari pihak Universitas untuk jaminan kesehatan seluruh mahasiswa dan juga sebagai tindak lanjut perjanjian kerjasama antara BPJS kesehatan cabang Jember dengan Universitas Muhammadiyah Jember yang telah disepakati sejak Agustus 2017 lalu.

Kesepakatan tersebut mempersyaratkan seluruh mahasiswa baru wajib memiliki jaminan kesehatan yang dikelola BPJS kesehatan. Kepala Bidang Perluasan Kepesertaan  dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Jember yakni Supriyanto,  sebagai pemateri pengenalan program JKN dan Aplikasi Mobile JKN kepada mahasiswa baru .

“sebagai mahasiswa baru harus memahami sistem JKN-KIS , pasalnya mahasiswa sejatinya bagian dari JKN, yang juga memiliki peran penting untuk ikut ambil bagian dalam mensosialisasikan kepada khalayak,” papar Supriyanto.

Dalam materi itu di jelaskan oleh Toni panggilan akrab Supriyanto, jika seluk beluk Program Jaminan Kesehatan nomor satu di dunia ini, sampai pada awal september 2018 telah mencapai 201,6 juta jiwa peserta. Diharapkan ke depan juga semakin bertambah banyak kepesertaannya.

Progam JKN yang di kelola BPJS Kesehatan adalah amanat undang undang , dan mengapa harus ada program ini? Karena biaya kesehatan dari tahun ke tahun tidak semakin murah namun semakin mahal. Dan tidak semua orang bisa memiliki akses pelayanan kesehatan yang dibutuhkan . Untuk itulah Negara hadir bagi rakyatnya.

Dalam menjaga kesinambungan, program ini di lakukan dengan prinsip gotong royong artinya yang sehat membantu yang sakit. Sehingga harapan ke depan mahasiswa sebagai generasi muda yang berpendidikan mampu membantu program JKN-KIS sebagai kepanjangan tangan BPJS kesehatan dalam mengedukasi masyarakat untuk mencapai Universasi Health Coverage (UHC) pada tahun 2019 nanti. (bbg).

 

Tinggalkan Komentar