Beranda Kabar Lainnya Ribuan Guru Demo Di Depan Kantor Pemkab Jember

Ribuan Guru Demo Di Depan Kantor Pemkab Jember

0

Media9.co.id, Jember – Ribuan Guru Tidak Tetap (GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di Jember,  menggelar demo di Depan Kantor Pemkab Jember, senin (26/11). Mereka menuntut, agar Bupati jember menerbitkan Surat Keputusan (SK) untuk semua GTT dan PTT, serta kembalikan ke sekolah asal. Karena yang terjadi saat ini, GTT dan PTT di tempatkan jauh dari rumah mereka hingga jarak ratusan kilometer pulang pergi.

Aparat Kepolisian melakukan penjagaan di depan kantor Bupati Jember.

Demo di awali dengan berjalan kaki dari depan kantor DPRD Jember menuju  Kantor Pemkab Jember. Mereka membawa poster yang isinya berupa kecaman atas kebijakan Bupati Jember yang dianggap tidak berpihak kepada GTT dan PTT. Sesampai di depan Kantor Pemkab Jember, pendemo berorasi meminta Bupati Faida menemui mereka. Karena, para pendemo berharap tuntutannya dapat di realisasi .

Aksi ini juga di warnai hujan tangis beberapa pendemo, karena tiap bulan hanya menerima honor dari mengajar sebesar 100 hingga 500 ribu rupiah. Dan itu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Bahkan karena kurang memenuhi standard yang layak, beberapa GTT juga terjerat hutang dan bercerai dengan suami atau istrinya lantaran masalah ekonomi. Tak hanya itu, salah satu GTT juga kedapatan meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas karena jarak mengajar yang cukup jauh .

Dalam aksi itu, salah satu GTT juga membawa balitanya yang jarang terpenuhi asupan gizinya karena honor orang tuanya tidak cukup untuk membeli susu dan makanan bergizi.

“ ribuan GTT dan PTT ini menuntut agar Bupati Jember mencabut surat penugasan dan terbitkan surat keputusan, dan meminta  realisasikan janji Bupati yang akan memberi honor 1,4 juta per bulan untuk GTT dan PTT jember,” tutur Ilham Whayudi, korlap aksi.

Selain itu, masih kata Ilham, Bupati juga harus penuhi rasa keadilan semua GTT dan PTT tanpa membedakan ijasah, masa kerja dan usia untuk mendapatkan SK. Dan mendesak Bupati untuk mengangkat Kadispendik yang difinitif, dan mengisi kekosongan kepala Sekolah Negeri , berikut hentikan diskriminasi,kriminalisai dan marjinalisasi GTT dan PTT.

Jika hal ini tidak di penuhi, ribuan GTT dan PTT di  Jember akan melakukan mogok kerja selama satu bulan penuh. Jalannya demo tersebut juga mendapat pengamanan ketat Aparat Kepolisian dari Resort Jember.

Beberapa wakil GTT dan PTT selanjutnya diperkanankan menemui pejabat pemkab Jember.

Mereka kemudian menyuarakan aspirasinya , atas tuntutan itu, pejabat Pemkab Jember berjanji akan meneruskan kepada Bupati Jember guna mendapat tindak lanjut. (bbg)

Tinggalkan Komentar