Beranda Politik & Pemerintahan Reses, Anggota DPRD Jatim Sosialisasi JLS dan Kereta Barang Tambang

Reses, Anggota DPRD Jatim Sosialisasi JLS dan Kereta Barang Tambang

0

JEMBER – Anggota DPRD Jawa Timur H. Satib melakukan reses di sejumlah titik di Jember. Dalam kegiatan serap aspirasi ini, Satib mensosialisasikan perjuangannya dalam penuntasan Jalur Lintas Selatan (JLS) dan usulan adanya kereta barang tambang.

“Dalam bertatap muka dengan masyarakat, saya sampaikan bahwa saat ini saya tengah memperjuangan penuntasan JLS dan terwujudnya kereta barang tambang,” kata Satib, Selasa (3/12/2019).

Menurut Satib, penuntasan proyek JLS saat ini sangat ditunggu masyarakat Jawa Timur, khususnya di kawasan selatan. Oleh karena itu, Satib mendesak agar pemerintah segera menuntaskan proyek tersebut.

“Proyek JLS ini berangkatnya dari Jawa Timur. Ide ini muncul pertama kali semasa pemerintahan Gubernur Jatim Imam Utomo. Proyek ini juga merupakan proyek nasional. Namun hingga saat ini belum juga tuntas,” kata Satib.

Saat ini, sambung Satib, sudah ada komitmen Pemprov Jatim untuk melanjutkan proyek tersebut melalui pembiayaan Islamic Development Bank (IDB). Diharapkan, komitmen tersebut bisa segera terealisasi demi tuntasnya proyek JLS tersebut.

“Sebab proyek ini bisa menjadi ikon Jawa Timur. Selain itu, akses jalan ini bisa berpengaruh signifikan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat di kawasan selatan. Sangat disayangkan kalau tidak tuntas,” tandasnya.

Berikutnya, Satib juga menyoroti tentang angkutan barang tambang yang saat ini masih menggunakan angkutan kendaraan. Kondisi ini membuat kualitas jalan mengalami penurunan. Sebab beban jalan sangat berat.

“Kita lihat beberapa titik jalan, khususnya di sepanjang Kecamatan Klakah, Lumajang, kondisinya banyak yang bergelombang. Ini karena angkutan yang melebihi tonase membuat beban jalan sangat berat. Apalagi jembatan timbang sekarang ini sudah ditutup,” kata Satib.

Oleh karena itu, pihaknya meminta pemprov Jatim melalui Dinas Perhubungan agar melakukan kajian mengenai angkutan barang tambang dengan menggunakan kereta api. Apalagi, ada sejumlah jalur rel kereta api yang kini tidak difungsikan.

“Jadi bisa menggunakan rel kereta api yang sudah ada, juga memfungsikan lagi rel kerata api yang selama ini sudah tidak dipergunakan,” katanya.

Menurut legislator dari Dapil Jember – Lumajang ini, jalur angkutan tambang tidak hanya untuk mengangkut pasir di Lumajang. Tapi juga bisa difungsikan untuk mengangkut hasil tambang di Jember, khususnya kawasan Jember Selatan.

“Bisa mengangkut pasir di Lumajang. Kalau bisa tembus Jember, juga bisa berfungsi mengangkut hasil tambang, seperti batu kapur,” tandasnya.

Selain sosialiasi program, dalam reses tersebut Satib juga menerima aspirasi masyarakat. Salah satunya dari kalangan pemuda yang tergabung dalam karang taruna. Mereka berharap Satib bisa menjadi fasilitator agar keberadaan karang taruna bisa lebih aktif lagi.

“Saya senang dengan semangat para generasi muda yang tergabung dalam karang taruna. Mereka telah menyampaikan sejumlah aspirasi terkait aktifitas kepemudaan. Saya pun berjanji akan memperjuangkan apa yang mereka inginkan agar karang taruna bisa lebih berkiprah di masyarakat. Karena bagi saya, peran pemuda sangatlah penting dalam pembangunan,” terangnya.( ym )

Tinggalkan Komentar