Beranda Kabar Terkini Ratusan Ikan Cupang Ramaikan Kontes Di Banyuwangi

Ratusan Ikan Cupang Ramaikan Kontes Di Banyuwangi

0

Banyuwangi M9 – Sebanyak 286 ikan cupang berbagai jenis bersama para pemiliknya dari beberapa daerah di Jawa Timur, berdatangan ke Banyuwangi sejak Sabtu (19/12) malam.

Mereka berkumpul di Aula belakang Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi, untuk mengikuti kontes Ikan Cupang yang digelar oleh Komunitas Cupang Banyuwangi (KCB).

Ketua Panitia penyelenggara, Zamroni Arief, menjelaskan, Kontes Ikan Cupang ini digelar dalam rangka Peringatan Hari Jadi Banyuwangi ke 249.

“Kegiatan ini murni kita yang menyelenggarakan, tanpa bantuan siapun. Kalaupun ada bantuan, ya hanya ini, dipinjami tempat oleh Disbudpar,” jelas Arief.

Disinggung tentang banyaknya peserta dari luar daerah, kata Arief, adalah hal biasa bagi para pehobi Ikan Cupang. “Biasanya bisa lebih banyak dari ini. Kebetulan kegiatan kita saat ini barengan dengan di Bali. Sehingga teman-teman ada yang ke Bali dan ada yang ke Banyuwangi,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkap oleh salah satu anggota KCB, Agus Widodo. Menurutnya, komunitas penggemar ikan cupang ini ada dimana-mana, hampir disetiap kota. “Kalau kegiatan kontes seperti ini, secara bergilir digelar diberbagai kota. Insyaallah Januari nanti akan digelar di Lumajang,” kata Agus, yang sudah hobi menangkar dan merawat ikan Cupang sejak masih SD.

Kalau dilihat dari uang pembinaan (hadiah bagi pemenang, red) lanjut Agus, memang sangat kecil. “Tapi bukan itu yang dicari. Kemenangan yang diperoleh melalui kontes seperti ini, akan menaikkan grade ikan mereka yang juga berpengaruh pada harga jualnya,” tambah Agus, sembari menyebutkan, harga ikan cupang paling murah berkisar antara 400 – 500 ribu. Sementara yang termahal, kata Agus, bisa mencapai Rp 15 jutaan. (Bud)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here