Beranda Kabar Usaha Rahasia Melipat Gandakan Penjualan Dan Keuntungan Besar

Rahasia Melipat Gandakan Penjualan Dan Keuntungan Besar

0

Jember, – Pentingnya pembinaan lapangan dan peran Anda sebagai manajer penjualan. Diantaranya bagaimana Anda mengatur, apa yang harus di persiapkan, dilakukan selama sesi pelatihan penjualan, bagaimana sesi diskusi harus dilaksanakan, serta bagaimana Anda membuat kesimpulan. Namun, kali ini saya akan membahas bagaimana Anda bisa menganalisa tim penjualan, hingga Anda dapat melakukan perbaikan.

Namun Anda  harus ingat, sebelum Anda merekrut tenaga penjual, pastikan Anda memiliki budaya penjualan yang di definisikan dengan baik. Pastikan Anda menetapatkan standar kinerja, KPI kegiatan penjualan, rencana konpensasi yang baik, semua dokumentasi, alat atau apa yang saya sebut sebagai senjata penjualan yang siap sebelum Anda melakukan perekrutan.

Ditambah lagi, pastikan Anda memiliki prediksi akurat untuk memenangkan lebih banyak transaksi penjualan. Serta, latihlah tenaga penjualan Anda secara konsisten dan efektif. Kemudian lakukan pemberdayaan dan pertemuan yang bisa memotivasi tenaga penjualan Anda.

BERIKUT, ADALAH EMPAT AREA PERBAIKAN YANG BISA DILAKUN BAGI TENAGA PENJUALAN, BAIK B2B ATAU B2C.

  1. PENGETAHUAN PENJUALAN
  2. PRAKTIK PENJUALAN
  3. POLA PIKIR PENJUALAN
  4. KEAHLIAN PENJUALAN

Pengetahuan penjualan terbagi menjadi 3 area:

1:  PENGETAHUAN  PRODUK> apakah tim penjualan Anda solit dalam pengetahuan produk? Apakah mereka tahu semua fitur dan manfaat dari produk Anda? Apakah mereka tahu seberapa efisien produk Anda? Apakah mereka tahu seberapa aman produk Anda? Darimana bahan produk Anda berasal? Beberapa bidang ini adalah hal yang paling mendasar. Bila tenaga penjualan Anda tidak mengetahui produk atau layanan yang dimiliki, maka itu adalah hal buruk. Saya ingin bertanya, apakah Anda pernah berbicara dengan tenaga penjual Anda, namun mereka tidak pernah bisa menjawab pertanyaan Anda? Karena itu, pastikan jika Anda terus melatih tenaga penjual Anda. Bila Anda mengeluarkan produk baru, maka latihlah mereka. Bila Anda sudah memiliki produk yang mapan, uji mereka. Jangan biarkan mereka pergi dengan tangan kosong.

2: PENGETAHUAN TENTANG PESAING> apakah tenaga penjual Anda tahu tentang pesaing Anda? Apa kekuatan mereka? Apa kelemahan mereka? Dimana lokasi mereka? Berapa banyak gerai yang mereka miliki? Di Negara mana mereka berada? Mengapa fitur produk mereka lebih unggul dari Anda? Seberapa kuat hubungan mereka dengan pelanggan saat ini dan analisa tentang kompetisi yang terjadi? Jika Anda memiliki departemen pemasaran , praktik menganalisa segala persaingan dan kompetisi akan menjadi kegiatan yang paling penting untuk dilakukan.

Jika Anda tidak tahu bagaimana Anda melawan pesaing Anda, maka kemungkinan Anda akan mudah untuk dikalahakan. Seorang pelatih olahraga tingkat dunia selalu mempelajari lawannya sebelum melakukan pertandingan. Mereka tidak langsung hanya muncul, kemudian bertanding. Mereka pasti berlatih, membentuk strategi dari kekuatan dan kelemahan yang dimiliki lawannya. Jadi, pelajari pesaing Anda dan doronglah tim penjualan Anda untuk mengetahui segala hal tentang ‘musuh’ Anda!”.

3: PASAR DAN PENGETAHUAN INDUSTRI> Apakah tim penjualan Anda tahu tentang peraturan pemerintah terbaru yang bisa mengetahui praktik penjualan yang Anda lakukan? Apakah tim penjualan Anda tahu tentang tren terbaru yang dapat mempengaruhi pasar atau industri Anda? Contohnya, gerakan bisnis hijau telah mempengaruhi beberapa bisnis, misalnya, produsen kantong plastik. Jika Anda menjual kantong plastik, maka Anda harus tahu tentang tren ini. Hal apa yang baik bagi Anda sendiri, perusahaan, dan pelanggan Anda.

Jadi, itulah bagian pertama dari analisis tingkat kompetensi tentang penjualan. Apakah tenaga penjual Anda tahu tentang 3 hal tersebut? Saran saya, tetaplah melatih tim penjualan Anda:

Minimal, lakukan pelatihan bulanan untuk produk baru, susun temuan persaingan pasar dan informasi industri yang Anda dapatkan. Jadikan waktu ini menjadi sesi formal. Anda juga dapat mendiskusikan pengetahuan ini saat pertemuan mingguan. Tanyalah tenaga penjual Anda, apa hal baru yang mereka pelajari dalam minggu ini? Tambahkan hal tersebut dalam modul pelatihan yang anda gunakan.

Modul pelatihan perlu di perbarui, dan cara yang lebih baik adalah memanfaatkan upaya kolektif dari tim Anda. Secara pribadi, tim penjualan saya selalu mengirim email tentang pelajaran berikutnya yang telah mereka pelajari secara mingguan. Dari sana, saya dapat menggunakannya sebagai bahan pelajaran untuk melatih berikutnya. Saya pun dapat menggunakannya untuk memperkuat titik tertentu dalam pelatihan, melihat masa depan, atau menindaklanjuti pelatihan sebelumnya. Intinya, Anda harus menjadi pemimpin dalam penjualan.

Jadi, teruslah melatih tenaga penjual Anda dengan pengetahuan yanag kuat di bidang produk, pesaing, pasar, dan industri. Bulan depan, saya akan berbicara tentang area kegiatan penjualan. Apa yang Anda butuhkan untuk memonitor dan mengelola tenaga penjualan Anda. ( sme )

Tinggalkan Komentar