Beranda Kabar Desa Produksi Sayuran Sehat Dengan Hidroponik

Produksi Sayuran Sehat Dengan Hidroponik

0

Banyuwangi – Sistem Hidroponik kini menjadi salah satu alternatif budidaya tanaman yang banyak digemari masyarakat. Budidaya menanam dengan memanfaatkan air sebagai media tumbuh tanaman ini, menjadi solusi bagi masyarakat yang memiliki lahan sempit.

Tak hanya itu, komoditi pertanian yang dihasilkan melalui sitem hidroponik ternyata memiliki kualitas yang lebih baik daripada bercocok tanam menggunakan media tanah seperti pada umumnya.

“Kualitasnya lebih bagus dan lebih sehat untuk dikonsumsi. Sebab, tanaman hidroponik tidak menggunakan pestisida seperti bercocok tanam dengan menggunakan tanah,” kata Ahmad Rofi’i (27) petani muda asal Desa Stail Kecamatan Genteng.

Ahmad Rofi’i mengaku sudah satu tahun menggeluti dunia hidroponik. Salah satu alasan dia memilih sistem hidroponik ini, ialah agar bisa memperoleh komoditi pertanian yang sehat untuk dikonsumsi manusia.

“Hampir semua jenis sayuran bisa kita tanam menggunakan sistem hidroponik. Sedari awal saya memang ingin menyediakan berbagai macam sayuran dan makanan yang sehat dan bebas terhadap penggunaan pestisida. Salah satunya ya berhidroponik” kata Ahmad Rofi’i.

Bermodal lahan 12×8 meter di belakang rumahnya, Ahmad Rofi’i menanam berbagai jenis sayur mayur di media hidroponik. “Sekarang saya sedang menanam Selada kriting (Lettuce Junction), Pakcoy hijau dan Pakcoy putih. Dari beberapa macam sayuran tersebut saya gunakan jenis hidroponik sistem ‘NFT’ (Nutrient Film Technique).” Jelasnya.

Ahmad Rofi’i berharap, kedepannya tingkat konsumsi dan kesadaran masyarakat terus meningkat akan pentingnya mengkonsumsi makanan sehat non pestisida.

Sistem hidroponik bekerja dengan cara membagikan air nutrisi pada tanaman melalui aliran air yang tipis. Nutrisi dibuat terus-menerus bersirkulasi menggunakan pompa tanpa menggunakan timer.

Pada bagian akar tanaman tidak semua terendam di dalam air nutrisi, sehingga akar yang tidak terendam air tersebut diharapkan mampu mengambil oksigen untuk pertumbuhan tanamannya. (Mef)

- Advertisment -

Tinggalkan Komentar