Beranda Kabar Wisata Potensi Lobster di Perairan Banyuwangi dapat Jadikan Indonesia sebagai Negara Budidaya Lobster...

Potensi Lobster di Perairan Banyuwangi dapat Jadikan Indonesia sebagai Negara Budidaya Lobster Terbesar Dunia

0

BANYUWANGI – Potensi Lobster di perairan laut Nusantara Indonesia memiliki skala yang sangat besar untuk dikembangkan. Ambisius Indonesia untuk bisa menjadi negara pembudidaya Lobster terbesar di dunia dinilai sangat realistis.

Salah satu upaya agar target dapat diwujudkan adalah dengan membuat pemetaan beberapa wilayah perairan di Indonesia yang berpotensi untuk dikembangkan sumber daya Lobster. Salah satu perairan yang dinilai potensial adalah perairan di sekitar Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur.

Potensi ini akan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pemerintah untuk meningkatkan produksi bahkan di tingkat Nasional. Dengan harapan, dapat menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pembudidaya Lobster besar.

Upaya untuk menjadikan Indonesia sebagai negara pembudidaya Lobster yang besar sangat mungkin untuk bisa diwujudkan. Hal itu, lantaran Indonesia khususnya Banyuwangi  memiliki sumber daya yang cukup, baik dari sisi alam maupun manusia.

Untuk mencapai target tersebut, beragam upaya sudah dilakukan sejak dari sekarang, utamanya sejak tahun 2019 saat Indonesia menasbihkan perikanan budi daya sebagai subsektor prioritas.

Banyuwangi memiliki potensi Lobster air laut yang besar. Dengan garis pantai yang membentang hingga sepanjang 175,8 kilometer, Banyuwangi diuntungkan secara alamiah untuk pengembangan Lobster. Kemudian, di seluruh bagian wilayah laut Banyuwangi, terdapat kekayaan laut berupa Lobster Mutiara, Bambu, Batik, dan Batu.

Banyuwangi juga diuntungkan dengan kekayaan lautnya, karena memiliki potensi benih bening Lobster (BBL) di wilayah pesisir bagian selatan, tepatnya di wilayah perairan Samudera Hindia. Potensi tersebut, selaras dengan potensi Lobster tangkapan yang ada menyebar dari wilayah pesisir di bagian selatan hingga utara.

Besarnya potensi Lobster konsumsi, menjadi dasar pertimbangan bagi Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) untuk menyiapkan rencana kerja agar produksi dan sekaligus kegiatan ekspor Lobster bisa berjalan.

Terutama di perairan Banyuwangi, berbagai upaya telah dilakukan, dengan memperbaiki kualitas proses budidaya hingga upaya pormosi melalui festival Lobster Banyuwangi.

(i)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here