Beranda Gaya Hidup Kesehatan Posyandu Desa Tampo Di Pantau langsung Oleh Ny. Hj. Dani Azwar...

Posyandu Desa Tampo Di Pantau langsung Oleh Ny. Hj. Dani Azwar Anas

0

Banyuwangi – Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) atau biasa dikenal dengan Posyandu yang dikelola dan diselenggarakan bersama masyarakat Desa Tampo mendapat kunjungan oleh Ny. Hj. Dani Azwar Anas atau istri dari Bupati Banyuwangi H. Abdullah Azwar Anas. Rabu, (19/02/2020).

Kedatangannya disambut antusias oleh kelompok ibu-ibu Posyandu Desa Tampo, yang juga didampingi oleh Dr. Hasyim Ashari sebagai Kepala Desa Tampo.

Acara tersebut merupakan serangkaian agenda yang diikuti oleh beberapa Desa lain di Banyuwangi. Dalam memantau pembagian ‘vitamin A` yang dilaksanakan rutin, dalam jangka waktu satu tahun dua kali. Yakni setiap bulan Februari dan Agustus.

Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin A dapat meningkatkan integritas sel-sel saluran pencernaan, sehingga tidak mudah ditembus oleh bakteri penyebab penyakit. Vitamin A juga dapat menurunkan derajat keparahan diare pada anak. Selain itu, vitamin A berperan dalam pembentukan sistem imun anak.

Ny. Hj. Dani Azwar Anas menyampaikan pentingnya pemberian vitamin A pada anak, karena menurutnya pemberian vitamin kedalam tubuh tidaklah cukup hanya dari makanan yang kita konsumsi saja, tapi juga harus memperhatikan kandungan buah dan vitamin tentunya.

Pemantauan ibu kepada anak juga dirasa sangat penting, oleh karena itu di Desa Tampo juga perlu dibuat komunitas ibu-ibu dan balita, selain bisa berbagi informasi terkait Posyandu, juga bisa saling memantau perkembangan kesehatan anak-anaknya. “Sekarang kita bisa membuat WhatsApp Grup, atau komunitas ibu-ibu yang ada disini, setiap ada jadwal Posyandu di share ke grup, nanti juga yang tidak rajin akan jadi rajin datang ke Posyandu” tegas Ny. Hj. Dani Azwar Anas saat menyampaikan sambutan.

Ny. Hj. Dani Azwar Anas juga menyampaikan bahwa Posyandu adalah milik masyarakat, dan fungsinya pun juga untuk masyarakat, ia menjelaskan bahwa Posyandu bukanlah lembaga milik Pemerintah, melainkan lembaga yang dikolola oleh Pemerintah Desa, kemudian harapannya agar masyarakat bisa lebih aktif lagi dalam memperhatikan kesehatan baik dari sang ibu maupun sang balita. (Mef)

- Advertisment -

Tinggalkan Komentar