Beranda Kabar Desa Pohon Pisang Bertandan Dua Hebohkan Warga Dusun Kampung Baru

Pohon Pisang Bertandan Dua Hebohkan Warga Dusun Kampung Baru

0

BANYUWANGI – Wilayah tropis di Indonesia menjadikan pohon pisang kerap dijumpai. Jenis tumbuhan yang berkembang biak dengan cara bertunas ini dikenal hanya dapat berbuah satu kali dengan berbuah hanya satu tandan. Setelah itu, pohon pisang yang sudah berbuah tidak dapat berbuah lagi dan akan mati.

Namun, beberapa kali terjadi fenomena pohon pisang berbuah lebih dari satu tandan. Hal ini tentunya akan menjadi perhatian warga di sekitar tempat tumbuh pohon pisang itu karena menganggapnya sebagai kejadian yang tidak biasa atau unik.

Mengenai fenomena ini, Peneliti dari Laboratorium Genetika dan Pemuliaan Tumbuhan, Pusat Penelitian Biologi LIPI Yuyu Suryasari Poerba menyebutkan, pohon pisang bisa mengeluarkan buah lebih dari satu tandan dalam sekali berbuah karena mutasi alami yang tidak stabil.

Seperti yang terjadi pada salah satu warga Dusun Kampung Baru Desa Jajag Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi membuat heboh semua warga yang tinggal disana, lantaran pohon pisannya memiliki tandan lebih dari satu.

Guntur, pemilik pohon pisang tidak menyangkan jika pohon pisangnya akan tumbuh dua tandan, padahal bibit dan metode yang digunakan sama. Ia mengetahui kejadian tersebut pada saat mengunjungi kebun pisang miliknya. Guntur terkejut karena 1 pohon pisang tumbuh 2 tandan, dan setiap tandannya memiliki cabang buah lebih dari 1.

Jenis pisang yang ditanam Guntur merupakan jenis pisang berlin. Dimana pada hakikatnya, masa panen pisang berlin terbilang cukup singkat, yakni sekitar kurang lebih 40 hari.

Guntur menjelaskan bahwa Ia tidak melakukan cara yang berbeda untuk setiap pohon pisang yang ditanam olehnya. Sehingga rasa takjub menyelimutinya, karena kejadian langka dan unik ini baru pertama kali Ia alami. Guntur dan warga sekitar menyadari bahwa kejadian tersebut merupakan bukti kebesaran Tuhan.

Pisang unik miliknya masih enggan Guntur panen, selain belum memasuki masa panen dirinya merasa anugerah dari Tuhan ini harus benar-benar dijaga. Guntur akan merawat pisang tersebut sampai benar-benar siap untuk dipanen. Selain itu, Guntur berharap dengan adanya kejadian ini dapat dijadikan media bersyukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa bagi warga yang melihatnya.
(i)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here