Beranda Kabar Desa Desa Wisata Pesona Pantai Cemara Banyuwangi

Pesona Pantai Cemara Banyuwangi

0
Foto : Noni / Media9

BANYUWANGI – Kabupaten Banyuwangi merupakan kota di Jawa Timur yang sudah banyak berkembang dan memiliki banyak hal untuk dijelajahi, terutama pesona pantainya. Salah satu pantai yang ada yaitu di  Dusun Rowo, Desa Pakis yaitu Pantai cemara. Pantai ini ditanami pohon cemara udang sepanjang 2 km dari utara sampai selatan.

Foto : Noni / Media9

Awalnya penanaman pohon cemara ini dilakukan untuk menangani abrasi pantai yang disebabkan oleh angin kencang dan gelombang laut. Hingga pada tahun 2011 para nelayan dipimpin M. Muhyi ketua KUB (Ketua Usaha Bersama) melakukan penghijauan di sekitar pantai. Reboisasi tersebut dilakukan KUB dengan menggandeng Dinas Perikanan dan Kelautan Banyuwangi. Hingga saat ini terdapat 16.000 pohon cemara udang yang tumbuh sumbur dan terpelihara dengan baik.

Foto : Noni / Media9

Tidak disangka, usaha pembaharuan pantai dapat menjadikan pantai ini tempat wisata yang unik dan banyak dikunjungi. Pengunjung hanya perlu membayar biaya tiket masuk seharga 5 ribu rupiah per-orang. Untuk biaya parkir, mobil 5000 rupiah sedangkan motor 2000 rupiah.  Tidak hanya menikmati alam, pengunjung bisa ikut melakukan penanaman bibit cemara untuk mengedukasi anak-anak. Selain itu konservasi penyu juga aktif dilakukan, setiap tahunnya ada kurang lebih 2000 penyu yang berhasil ditangkar.

Foto : Noni / Media9

Ada beberapa spot foto yang Instagramable yaitu latar belakang pohon cemara yang rindang, pantai dengan pasir hitam, sungai air payau dan beberapa pohon mangrove sebelum memasuki pantai. Hal baru lain yang bisa kita lakukan di sini adalah berlayar menggunakan perahu menyusuri sungai air payau. Kita dapat melihat keindahan pesona alam pohon mangrove dari dekat. Jika haus atau lapar, tenang saja karena di pantai ini terdapat juga beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman yang dapat kita nikmati.

Pantai Cemara di Banyuwangi memiliki banyak hal seru untuk dijelajahi. Ayo luangkan waktu bersama dengan orang-orang terkasih untuk berlibur ke tempat ini! (NE)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here