Beranda Kabar Usaha Teknologi Pertamina Laksanakan Implementasi Aplikasi Digital Atau DigiPOS

Pertamina Laksanakan Implementasi Aplikasi Digital Atau DigiPOS

0

Pertamina melaksanakan go live implementasi aplikasi digital yang diberi nama Digital Pertamina One Seal (DigiPOS), yang bertempat di Terminal BBM (TBBM) Tanjung Gerem, Merak, Banten, Selasa (25/2). DigiPOS adalah salah satu upaya Pertamina dalam meningkatkan keamanan untuk mengurangi losses, khususnya dalam proses serah terima minyak.

Pada kesempatan tersebut turut hadir Faisal Yusra, Senior Vice President (SVP) Supply Distribution and Infrastructure,  Hendrasyah Latief, Manager TBBM Tanjung Gerem  serta jajaran manajemen Pertamina lainnya.

Faisal Yusra memaparkan, inovasi DigiPOS dilatarbelakangi adanya losses yang pernah terjadi hingga mencapai 0,41 persen atau setara dengan USD 580 juta. “DigiPOS menjadi menjadi tools bagi kami untuk meningkatkan efisiensi serta memitigasi terjadinya diskrepansi dari proses serah terima minyak,” jelasnya.

Faisal Yusra menerangkan bahwa perbaikan tata kelola serah terima minyak ini dilakukan agar lebih sistematis dan menjadi lebih baik lagi. “Kita terus melakukan upaya dalam proses tata kelola arus minyak. Sampai hari ini kita bisa menahan losses hingga 0,08 persen,” tutur Faisal.

Menurut Faisal, DigiPOS menjadi representasi dalam proses peningkatan pengendalian losses terhadap serah terima minyak.

“Semoga dengan adanya aplikasi DigiPOS, kegiatan serah terima minyak menjadi lebih terukur dan terkendali. Dimana setiap armada yang mengangkut minyak akan dipasangkan segel yang terintegrasi dengan sistem atau aplikasi DigiPOS,” ucapnya.

Penerapan aplikasi DigiPOS di TBBM Tanjung Gerem merupakan pilot project yang akan terus dimonitor efektivitasnya.

“Jadi dengan pengendalian ini kita memastikan bahwa segel dipasang sesuai dengan kebutuhannya. Sekarang di hampir semua potensi-potensi yang dapat menimbulkan terjadinya deviasi penyimpangan dalam serah terima terkendali dengan bagus,” katanya.

Hendrasyah Latief pun mengungkapkan hal yang sama. Ia berharap DigiPOS dapat berdampak signifikan bagi keuntungan perusahaan karena penyimpangan proses serah terima minyak yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab di kapal pengangkut BBM dapat segera terdeteksi.

“DigiPOS mempersempit ruang gerak mereka sehingga terjadinya fraud itu dapat diminimalkan sekecil mungkin. Semoga aplikasi ini dapat diterapkan dengan baik di seluruh unit operasi Pertamina,” tandasnya. (https://eljohnnews.com/)

- Advertisment -

Tinggalkan Komentar