Beranda Kabar Terkini Peringati Harjaba ke 249, Pameran Lukisan di Hotel Berbintang.

Peringati Harjaba ke 249, Pameran Lukisan di Hotel Berbintang.

0

Banyuwangi – Meski masih dalam situasi pandemi, peringatan Hari Jadi Banyuwangi (Harjaba) ke 249 tahun ini tetap digelar. Peringatan yang ditandai dengan acara tumpengan yang digelar di Pendopo Sabha Swagata, Jum’at (18/12) siang, kemudian dilanjutkan dengan pergelaran pameran lukisan dengan tema: “Sinergitas Seniman Menuju Banyuwangi Hebat” yang digelar di lima hotel berbintang.

Kasi Promosi pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi, Ainur Rofiq, menjelaskan, pameran hasil karya para pelukis Banyuwangi itu memang digelar sebagai rangkaian peringatan Harjaba 249. “Pameran lukisan ini merupakan rangkaian peringatan Harjaba. Pameran kali ini lebih spesial. Ini karena adanya sinergitas antara para perupa (Pelukis, red) dengan pihak hotel,” jelasnya.

Menurut Ainur Rofiq, sinergitas antara perupa dengan hotel berbintang ini merupakan hal yang sangat menarik dan saling menguntungkan. “Bagi perupa, dengan dipajang di hotel berbintang sama halnya dengan mendekatkan langsung karya-karya mereka kepada para calon pembeli. “Jadi, hotel ini bisa berfungsi menjadi galeri,” ungkapnya.

Salah satu pelukis yang ikut memamerkan karyanya, Hariyanto, mengungkapkan, dia dan komunitas perupa lainnya tentu sangat senang dengan adanya kerja sama dan sinergitas seperti ini. “Yang sekarang ini baru ada lima (5) hotel yang sudah kerja sama. Dan kedepan nanti kita harap semua hotel yang ada di Banyuwangi bisa bekerja sama,” ungkapnya.

Dijelaskan, dalam rangka Harjaba ini ada sebanyak 84 lukisan yang dipamerkan di 5 Hotel, yakni Hotel Aston, Hotel Kokoon, Hotel Luminor, Hotel el-Royal dan Hotel Dialoog. Pameran dibuka secara simbolis oleh Ketua TP PKK Kabupaten Banyuwangi, Ipuk Festiandani, dengan penandatanganan prasasti di Hotel Kokoon, Jumat malam. (Bud)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here