Beranda Kabar Terkini Peringatan HPSN 2021 Momentum Galakan Pengelolaan Sampah Dari Lingkungan RW

Peringatan HPSN 2021 Momentum Galakan Pengelolaan Sampah Dari Lingkungan RW

0

Media9.co.id – Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta tahun ini, digelar berbeda dari tahun sebelumnya. Karena di tengah pandemi,  peringatan yang digelar tepat pada Hari Peduli Sampah Nasional, Minggu, (21/2/2021)  ini dilangsungkan secara luring dan daring.

Untuk acara luring-nya dilangsungkan di Padepokan Restu Bumi Ciracas, Jakarta Timur. Meski penyelenggaraannya berbeda,  namun tidak menghilangkan semangat masyarakat untuk mengikuti peringatan ini. Bahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun hadir secara virtual

Selain Anies, sejumlah pejabat di jajaran Pemprov yang hadir, antara lain Syaripudin (Plt. Kepala DLH DKI Jakarta), dan RB Sutarno (Penggiat lingkungan hidup dan penerima penghargaan Kalpataru tingkat nasional tahun 2020) dan Fery Farhati (Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta).

Tak ketinggalan Angela Jelita Richardson sebagai Founder Indonesia Indah Foundation juga turut hadir secara daring.

Acara yang di siaran langsung kanal YouTube Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta ini,juga sekaligus memperingati Hari Bersih Indonesia (HBI). Peringatan ini juga akan disiarkan kembali oleh EL JOHN TV pada Selasa besok, (23/2/2021), pukul 10.00 WIB. 

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional dan Hari Bersih Indonesia, tahun ini mengambil tema “Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi”. Acara ini,  terselenggara berkat kerjasama Indonesia Indah Foundation, Hari Bersih Indonesia, dan berbagai sponsor lainnya.

Dalam sambutannya, Gubernur Anies mengatakan pengelolaan sampah harus memiliki perubahan mindset yakni  bukan hanya sekedar  mengirim sampah ke tempat pembuangan sampah. Namun harus perubahan perilaku dalam mengelola residu.

“Maka Langkah pertama yang paling penting adalah mengurangi residu-residu yang tak berguna, yang kita sebut dengan istilah sampah,” kata Gubernur Anies.

Karena itu, peringatan HPSN ini harus dijadikan momentum untuk merubah perilaku tersebut, termasuk mempertegas komitmen Pemprov DKI Jakarta bahwa pengelolaan sampah dapat dijadikan sesuatu yang bermanfaat sehingga dapat membantu pertumbuhan perekonomian. Tak hanya itu, pengelolaan ini juga harus tersebut berkesinambungan dengan metode waste to resource melalui pelaksanaan ekonomi sirkular dan  sampah sebagai sumber energi.

“Jakarta telah memulainya. Tahun lalu kita rumuskan Pergub 77 tentang Pengelolaan Sampah Lingkup Rukun Warga (RW). Pengelolaan sampah lingkup RW ini dilaksanakan oleh bidang pengelolaan sampah dalam kepengurusan RW yang fungsinya melaksanakan pengelolaan sampah di lingkungan RW, mengawasi tertib pengelolaan sampah di lingkungan RW, dan memelihara kebersihan di lingkungan RW,” jelasnya.

Rumah tangga memiliki peran penting dapat memilah sampah yang nantinya dapat dikelola bersama di lingkungan RW, melalui bank sampah yang didirikan masyarakat.

“Ada juga yang tidak mungkin dikelola di sana yaitu B3 (bahan berbahaya dan bercun), ini akan diangkut oleh petugas di Dinas Lingkungan Hidup. Ada juga sampah residu yang nanti harus dikirim ke tempat pembuangan sampah sementara yang akhirnya ke TPST Bantar Gebang,” sambungnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Syaripudin menyatakan, HPSN 2021 dengan tema “Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi bermaksud menjadi platform pengelolaan sampah untuk mendorong perekonomian masyarakat sesuai prinsip waste to resource, waste to energy. “Saya sampaikan terima kasih pada sponsor dan kolaborator HPSN ini,” ujarnya.

Dalam peringatan ini, Angela Jelita Richardson (Founder Indonesia Indah Foundation) mengucapkan Selamat Hari Hari Peduli Sampah Nasional dan  Hari Bersih Indonesia 2021. Hal tersebut disampaikan Angela saat memberikan kata sambutannya.

Dalam kesempatan ini, Angela mengajak masyarakat  untuk membuka mata dan telinganya terhadap kondisi yang terbilang  cukup parah dengan sampah ini.  Solusinya adalah di dalam diri setiap manusia untuk berkomitmen menghindari jenis-jenis sampah plastik.

“Perubahan ada di tangan kita dan di mulai dari kita masing-masing sebagai individu. Kami bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta untuk mensosialisasikan Program Kupilah Sampah Dari Rumah. Ini adalah program yang sangat penting dan perlu diterapkan di rumah kita semua. Dengan memilah sampah, hingga 80 persen dari sampah anda dapat didaur ulang dan tidak akan berakhir di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) terima kasih kepada semua orang yang terlibat untuk mewujudkan hari ini. Anda adalah changemaker dan leader masa depan,” kata Angela.

Dalam acara ini, dilangsungkan peresmian kerja PJLP (Pendamping Jasa Lainnya Orang Perorangan) Pendamping RW dilakukan dengan pemberian dan pengenaan rompi terhadap enam perwakilan PJLP DKI Jakarta oleh Syaripudin. Perwakilan PJLP dari enam wilayah ini termasuk RW 03 (Cempaka Putih Timur), RW 03 (Lebak Bulus), RW 09 (Ciracas), RW 01 (Pegadungan), RW 05 (Sunter Agung), serta RW 01 (Pulau Tidung). Saat pengenaan rompi, Syaripudin dan para perwakilan PJLP Pendamping RW tersebut hadir di atas panggung lengkap dengan masker dan face shield. ( www.eljohnnews.com )

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here