Beranda Kabar Usaha UMKM Pentingnya Merek Produk UMKM Didaftarkan Hak Patennya

Pentingnya Merek Produk UMKM Didaftarkan Hak Patennya

0

Jember, – Seminar Nasional yang dilaksanakan oleh STIE Mandala Jember yang bertema “ Pengenalan Rezim Hak Kekayaan Inteklektual & Fasilitasi Pendaftaran HKI “ berlangsung selama dua hari, 05 s/d 06 Agustus 2019 yang mendatangkan pakar HaKI dari Kemenristekdikti .Dr Dimas Indra Laksamana ST MT.

Dalam seminar tersebut dihadiri oleh puluhan santri dan para pelaku usaha UMKM yang tergabung dalam berbagai komunitas termasuk JEKa “ Jember Ekonomi Kreatif “. Dan STIE Mandala secara resmi membuka pelayanan Informasi dan Pendaftaran Haki “ Sentra Pelayanan HAKI STIE Mandala Jember, untuk memberikan kemudahan akses kepada masyarakat. Akses informasi tersebut juga bisa dibuka melalui website www.haki.stie-mandala.ac.id .

Peserta Seminar Dari Salah Satu Komunitas UMKM ” JEKa ” Jember Ekonomi Kreatif “

HaKI atau Hak atas Kekayaan Intelektual adalah hak eksklusif yang diberikan suatu hukum atau peraturan kepada seseorang atau sekelompok orang atas karya ciptanya. Pada intinya HaKI adalah hak untuk menikmati secara ekonomis hasil dari suatu kreativitas intelektual. Objek yang diatur dalam HaKI adalah karya-karya yang timbul atau lahir karena kemampuan intelektual manusia.

Setiap hak yang digolongkan ke dalam HaKI harus mendapat kekuatan hukum atas karya atau ciptannya. Untuk itu diperlukan tujuan penerapan HaKI. Tujuan dari penerapan HaKI yang Pertama, antisipasi kemungkinan melanggar HaKI milik pihak lain, Kedua meningkatkan daya kompetisi dan pangsa pasar dalam komersialisasi kekayaan intelektual, Ketiga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan strategi penelitian, usaha dan industri di Indonesia.

“ pentingnya didaftarkan hak kekayaan intelektual berupa merk dagang, Hak Paten dan hasil penemuan untuk mendapatkan kepastian hukum atas karya warga masyarakat sehingga merek dan hasil karya tersebut terlindungi undang – undang dan tidak ditiru orang lain, “ papar Dr Dimas Indra Laksamana ST MT.

Untuk pengusaha UMKM bila produk telah memiliki Hak Paten Merek, Anda akan terlindungi secara hukum bila ada orang yang mengunakan merek dagang yang sama atas produk Anda.

“  harapan kami untuk dipermudah prosesnya untuk pendaftaran HKI sekaligus murah, kalau bisa di gratiskan, “ Cetus Joni Budi yang mewakili para UMKM Jember dan  jawaban yang diberikan pemateri “ sangat sulit untuk digratiskan dan hanya bisa memberikan diskon biaya dan mempermudah dalam pengurusan, “ jawabab yang diberikan oleh Dr. Dimas pada sesi tanya jawab. ( ys )

Tinggalkan Komentar