Beranda Kabar Wisata Budaya Pentas Bersama Antar Sanggar Sebagai Ajang Silaturahmi Budaya

Pentas Bersama Antar Sanggar Sebagai Ajang Silaturahmi Budaya

0

Banyuwangi – Bakal ada pentas besar yang akan menggelar karya-karya tari antar dua sanggar besar di Jawa Timur, yakni Sanggar Seni Jinggosobo dari Desa Wonosobo, Kecamatan Srono, Banyuwangi, dengan Sanggar Tari Desa Kebon Waris (DKW) dari Pandaan, Pasuruan. Pergelaran besar ini bakal berlangsung pada 28 Maret 2020 di markas Sanggar seni Jinggosobo.

Pimpinan Sanggar Seni Jinggosobo, Alex Joko Mulyo, mengungkapkan, rencana pergelaran tersebut bukan sebagai ajang kompetisi, namun sebagai bentuk silaturahmi budaya. “Selama ini, kita, antar sanggar-sanggar seni, sebenarnya memang sudah sering bertemu di pentas-pentas kesenian. Namun pertemuan itu lebih sering dalam rangka kompetisi. Dan kali ini, kita sengaja menggagas pentas bareng ini sebagai bentuk silaturrahmi,” kata Alex.

Dijelaskan, untuk menghadapi pentas bareng tersebut Jinggosobo telah mempersiapkan berbagai tarian, termasuk tari Remo Jawa Timuran. “Bagi Banyuwangi, tarian Gandrung itu wajib dan harus. Tarian yang kita siapkan adalah Tati ‘Teter Gandrung’. Selain itu, anak-anak sanggar Jinggosobo juga akan membawakan tarian Remo Jawa Timuran,” jelas Alex.

Menariknya, yang bakal tampil di pentas besar tersebut hukan hanya anak-anak anggota sanggar, tetapi juga ibu-ibu wali penari yang juga dipersiapkan untuk tampil. “Iya, para ibu-ibu wali penari juga akan tampil membawakan beberapa tarian. Hasilnya bagaimana, ya nanti tonton langsung saja disini,” tandasnya. (b)

- Advertisment -

Tinggalkan Komentar