Beranda Kabar Terkini Pengibaran Bendera Merah Putih di Pulau Tabuhan

Pengibaran Bendera Merah Putih di Pulau Tabuhan

0

Banyuwangi – Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 75 juga digelar di Pulau Tabuhan, sebuah Pulau kecil di lepas pantai Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Senin (17/8). Upacara yang diikuti sekitar 300-an peserta ini dipimpin oleh H Ikhwan Arief, tokoh konservasi dan pengelola ‘BangsringUnderwater’ yang pernah mendapatkan penghargaan Kalpataru.

Selain tempat upacara yang tidak seperti umumnya upacara resmi,namun upacara tetap berlangsung khidmad dan lancar. Menariknya, sebelum upacara dimulai, dilokasi yang akan dijadikan tempat upacara sudah terpasang sebanyak 74 bendera Merah Putih menyambut kedatangan para peserta upacara yang harus menaiki perahu sekitar 1 jam untuk sampai di pulau tersebut.

Ide penyelenggaraan upacara di pulau terpencil itu, menurut Ikhwan Arief, berdasarkan hasil rembugtokoh dan masyarakat setempat. “Sebelum ini, sebenarnya sejak beberapa tahun lalu kami sudah mengelar upacara Agustusan disini. Namun untuk kali ini, kita mendapat supportpenuh dari ‘Garuda Kencana Nusantara Indonesia’ (GKNI) cabang Banyuwangi,” jelasnya.

Tentang dipilihnya Pulau Tabuhan sebagai tempat upacara, kata Ikhwan Arief, sebagai bentuk eksistensi masyarakat dan nelayan Desa Bangsring dalam turut menjaga dan merawat asset milik Banyuwangi tersebut. “Pulau ini adalah asset Pemkab Banyuwangi, bukan milik kami. Tetapi selama ini kami telah menjaga dan merawatnya. Kalaupun kedepan nanti akan dibangun sebagai destinasi pariwisata,tidak ada masalah. Sejauh pembangunan itu bisa mensejahterakan masyarakat, bisa menambah pemasukan pendapatan asli daerah dan tidak melanggar aturan yang berlaku, ya silahkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua GKNI Cabang Banyuwangi, Sigit, menjelaskan bahwa support yang diberikannya merupakan bentuk dorongan dan dukungan dalam rangka pemberdayaan Pulau Tabuhan. “Kita berharap, penyelenggaraan upacara di Pulau Tabuhan ini sekaligus sebagai momentum menggeliatkan kembali industri pariwisata dalam memasuki era new normal ini,” kata Sigit. (b)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here