Beranda Kabar Lainnya Pemburu Emas Gunung Manggar Antara Untung dan Buntung

Pemburu Emas Gunung Manggar Antara Untung dan Buntung

0

Jember – Gunung Manggar di desa Kesilir, kecamatan Wuluhan Jember menjadi ladang bagi penambang emas ilegal. Mereka sembunyi sembunyi melakukan aktifitas penambangan dan jarang terendus aparat kepolisian maupun perhutani.

Untuk memburu emas di kawasan gunung Manggar, para pemburu ini membuat goa dan lubang sumur . dan tak jarang jika tanah di kawasan itu labil , nyawa menjadi taruhannya karena kerap kali kasus penambang tertimbun tanah di kawasan itu terjadi.

Namun demikian demi susuap nasi dan keluarga di rumah, para penambang liar ini tidak takut kejaran aparat kepolisian maupun masuk goa dan lubang sumur untuk menggali tanah yang di duga mengandung emas itu.

Namun kali ini, Perhutani , Polisi dan TNI, menggrebek tambang emas ilegal itu dan mendapati banyak alat alat tambang berserakan baik di luar goa maupun di dalam lubang sumur. Sementara penambangnya kabur.

Penggrebekan itu di lakukan, menyusul banyaknya penambang emas ilegal yang makin lama semakin banyak dan  merusak kawasan pegunungan Manggar dengan dibuktikan oleh banyaknya sumur sumur galian. Jika musim hujan, bukan tidak mungkin hal ini akan menimbulkan longsor dan banjir di kawasan itu.

Usai menyita beberapa alat penabangan , goa dan sumur itupun kemudian di bakar, dan kawasan itupun terlarang untuk dilakukan penambangan emas liar.

“melihat banyaknya aksi penambangan emas liar,ke depan Polisi terus bersinergi dengan TNI dan Perhutani guna melakukan penggrebekan tiap bulan sekali, agar pelaku penambangan liar itu jera,” imbuh Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo.

Jika masih belum berhasil, Polisi juga akan menyisir kawasan rumah rumah warga yang di jadikan kegiatan pemrosesan tanah gunung manggar untuk di cari butiran emasnya. Karena alasan apapun penambangan emas ilegal di larang dan pelakunya bakal di jerat hukuman. (bbg)

 

Tinggalkan Komentar