Beranda Kabar Usaha Inspirasi Pemasaran Untuk Bertahan Hidup

Pemasaran Untuk Bertahan Hidup

0

Kebanyakan perusahaan sukses yang telah bertahan hidup untuk jangka waktu yang panjang telah di persiapkan untuk melakukan  “percobaan di ambang batas”  (experiments in the margin). Mereka secara berkelanjutan  mencari kesempatan bisnis baru yang akan menantang organisasi untuk bertumbuh dan belajar.  Apa yang di lakukan oleh perusahaan terbaik di era-baru untuk membedakan diri mereka dari yang lain ?

  • Fokus pada industri tunggal daripada diversifikiasi atau  menjadi konglomerat
  • Mencari dari luar (outsourching) aktifitas dan fungsi yang bukan inti.
  • Melepaskan diri dari asset keras (hard asset) dalam neraca mereka (tanah, bangunan dan peralatan, ditambah persediaan dan debitur) melalui sekuritasi, operating lease, level persediaan tepat waktu (just in time stock levels) dan factoring.
  • Mengejar kepemilikan intelektual melalui riset dan pengembangan.
  • Secara agresif menggobalkan industri dan utilitas layanan jaman baru mereka.
  • Memimpin yang utama dan mengelola yang kedua.
  • Membentuk aliansi straregis, jaringan kerja dan waralaba (franchising)
  • Memposisikan bisnis mereka sebagai mayoritas, niche atau ultraniche

Pemasar memiliki empat strategi pertumbuhan mendasar yang dapat digunakan:

  1. Penetrasi pasar
  2. pengembangan pasar
  3. Pengembangan produk
  4. Diversifikasi

Kita sedang memasuki suatu era dimana segala sesuatu akan menjadi sangat berbeda –  suatu era aliansi kepandaian. Pemenangannya adalah organisasi yang mampu memunculkan barang dan gagasan dalam waktu tercepat dengan investasi sesedikit mungkin, sehingga menghasilkan keuntungan sebanyak mungkin. ( berbagai sumber )

Tinggalkan Komentar