Beranda Kabar Terkini Pedas Segar, ’Jangan Kesrut’ Kuliner Wajib Ketika Berkunjung Ke Banyuwangi

Pedas Segar, ’Jangan Kesrut’ Kuliner Wajib Ketika Berkunjung Ke Banyuwangi

0

Banyuwangi- Warna merah menyala dan aroma segar dan pedas menggoda hidung penikmatnya. Jangan Kesrut sendiri merupakan makanan kuno yang mulai terlupakan.

Makanan khas suku osing ini salah satu hidangan yang langka ditemukan di era sekarang, hanya di beberapa daerah di Banyuwangi saja yang masih membuatnya. Asal usul dinamakan Jangan Kesrut, karena setiap menyantapnya, hidung Anda akan terasa meler dan kesrut-kesrut merasakan pedasnya makanan khas suku osing ini.

Ciri khas dari Jangan Kesrut terletak pada rasa kaldunya yang gurih, sedikit asam dan pedas. Walaupun sudah memiliki rasa yang pedas, Jangan Kesrut sering pula disandingkan dengan nasi Tempong yang juga pedas.

Bahan-bahan untuk membuat jangan kesrut cukup mudah ditemui. Diantaranya yaitu, cabai rawit, cabai besar, tomat, daun bawang, terasi, garam, dan gula. Jangan lupa belimbing wuluh atau belimbing sayur yang menjadi ciri khas makanan ini. Ciri khas jangan kesrut lainnya yaitu rasa kaldunya gurih, sedikit asam, dan pedas.

Melihat bahan membuatnya saja sudah bisa dipastikan kuliner ini memiliki rasa yang bakal membuat lidah wisatawan atau pengunjung yang datang ke Banyuwangi ingin mencobanya kembali karena kenikmatannya.

Tak hanya wisatanya saja yang memiliki daya tarik namun kuliner-kuliner khas banyuwangi menyimpan cita rasa yang tak ditemukan di tempat lain dan wajib untuk dinikmati ketika berkunjung ke Banyuwangi.(*)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here