Beranda Pendidikan Pacu Wirausaha Mahasiswa, STIE WiGa MoU Bareng ICSB

Pacu Wirausaha Mahasiswa, STIE WiGa MoU Bareng ICSB

0
MoU - ICSB-STIE Widya Gama Lumajang

LUMAJANG,- Semangat jiwa  kewirausahaan  menjadi hal yang sangat penting khususnya  di dunia pendidikan tinggi. Guna memacu semangat dan jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa, STIE  (Sekolah Tinggi Widya Gama) Lumajang  menjalin kerja sama dengan ICSB   (International Council for Small Business). Kerja sama  ini tertuang  dalam penandatangan MoU (Memorandum  of Understanding) pada hari Jumat (16/10/2020) di kampus setempat . Penandatangan dilakukan langsung oleh Ketua STIE Widya Gama Lumajang Dr Ratna Wijayanto Daniar Paramita, SE. MM dengan Dr Meithiana Indrasari, ST, MM,  President ICSB Chapter Surabaya. ICBS sendiri merupakan  organisasi nonprofit yang fokus pada pemberdayaan usaha kecil dan menengah (UKM) serta penyebaran semangat kewirausahaan.

ICSB Indonesia sendiri merupakan bagian dari ICSB yang berdiri sejak tahun 1955 dan merupakan organisasi global pertama yang memiliki perhatian terhadap pengembangan dan edukasi untuk usaha kecil di seluruh dunia.  Saat ini ICSB berkantor pusat di Washington D.C. dan telah memiliki jaringan di 85 negara. Indonesia sendiri bergabung secara aktif dengan jaringan ICSB global sejak tahun 2015 atas prakarsa dari A.A.G.N. Puspayoga dan Hermawan Kartajaya.

Ketua STIE Widya Gama Lumajang, Dr Ratna Wijayanti Daniar Paramita, SE. MM  mengungkapkan  kuliah umum terbatas ini merupakan salah satu implementasi yang selama ini dibangun dengan ICSB. ‘’ Keberadaan ICSB sangat diperlukan untuk turut menumbuhkan jiwa-jiwa kewirausahaan  di kalangan milineal khususnya mahasiswa,’’ jelasnya. Diharapkan dengan  kuliah umum terbatas ini para mahasiswa yang  mengikuti  mampu menularkan virus-virus  kewirausahaan kepada yang lain.

Keterangan Foto : Ketua STIE Widya Gama Lumajang Dr Ratna Wijayanti Daniar Paramita, SE. MM (kiribersama dengan Dr Meithiana Indrasari, ST, MM Presiden ICSB Chapter Surabaya usai Penandatangan Kerja Sama dan Nota Kesepahaman

Lebih lanjut Ratna Wijayanti Daniar Paramita mengungkapkan realisasi penadatanganan  nota kesepahaman ini  semakin menambah referensi kerja sama dengan organisasi maupun institusi internasional. ‘’ Sebelumnya kampus STIE Widya Gama Lumajang juga sudah bekerja sama  dengan  lembaga-lembaga internasional,’’ tambahnya bangga.

Dr Meithiana Indrasari, ST, MM, President ICBS Chapter Surabaya mengungkapkan pihaknya  terus memberikan  support  kepada kaum milineal untuk berwirausaha. ‘’ Saat ini kaumm  milineal  khususnya mahasiswa tidak lagi  sebatas  pemahaman teori,’’  katanya di sela-sela  Kuliah Umum terbatas.   Lebih lanjut, Meithiana mengungkapkan mahasiswa sekarang sudah  sampai pada tataran aplikasi.

Kuliah umum terbatas ini kepada mahasiswa tentang  entrepreunership sejalan dengan ICBS. ‘’ ICBS merupakan organisasi global pertama  yang memiliki perhatian dan edukasi usaha kecil dan menengah,’’ tambahnya serius. Saat ini ICSB berkantor pusat di Washington D.C. dan telah memiliki jaringan di 85 negara. Indonesia sendiri bergabung secara aktif dengan jaringan ICSB global sejak tahun 2015 atas prakarsa dari A.A.G.N. Puspayoga dan Hermawan Kartajaya. Dengan dukungan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Republik Indonesia.

Sebelum penandatanganan nota kesepahaman digelar  Kuliah Tamu terbatas kepada mahasiswa STIE Widay Gama Lumajang masing-masing oleh  Dr Meithiana Indrasari, ST, MM,  President ICBS Chapter Surabaya yang mengusung tema  ‘ How to Create a Great Millenial Entreneur’. Sedangkan Drs Eko Pamuji, M.Ikom, General Secretarity ICBS Chapter Surabaya  mengusung tema ‘ Media Digital dalam Pengembangan  UMKM’. Kuliah Tamu ini menerapkan protokol kesehatan COVID – 19. (Zainul Hidayat – STIE Widya Gama Lumajang)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here