Beranda Kabar Wisata Nikmati Harimu dengan Pindang Koyong Olahan Pesisir Banyuwangi

Nikmati Harimu dengan Pindang Koyong Olahan Pesisir Banyuwangi

0

MEDIA9- Berbicara soal Banyuwangi, memang tidak akan terlepas dengan adat, budaya, wisata, dan kulinernya. Banyuwangi merupakan kota pesisir dengan hasil laut yang melimpah dan memiliki berbagai macam olahan kuliner berbahan dasar ikan. Salah satu kuliner dengan bahan dasar ikan adalah pindang koyong.

Pindang koyong merupakan salah satu jenis sop ikan yang banyak beredar di masyarakat Banyuwangi. Masyarakat sangat menyukai pindang koyong karena sensasi rasanya yang segar dan nikmat. Pindang koyong dapat dimakan setiap hari sesuai keinginan.

Makanan dengan tampilan khas berwarna kuning ini dapat dibuat dengan bahan baku ikan apa saja. Biasanya, masyarakat menggunakan ikan tongkol, tengiri, atau putihan sebagai bahan baku pindang koyong. Menu ini jika dimakan dengan nasi panas akan menambah kenikmatan rasanya.

Masyarakat Banyuwangi biasanya membuat sendiri menu pindang koyong untuk dimakan oleh keluarga. Bahan-bahan yang digunakan, yaitu bawah putih, bawang merah, lengkuas, kemiri, serai, kunyit, belimbing wuluh, gula, dan garam yang dihaluskan. Jika ingin rasa yang pedas, bisa ditambahkan dengan cabe rawit sesuai selera ke dalam pindang koyongnya.

Belimbing wuluh menjadi faktor utama yang menciptakan rasa segar asam pada menu pindang koyong ini. Tampilan menu ini mirip seperti soto, karena berwarna kuning. Warna kuning pada pindang koyong berasal dari kunyit.

Olahan yang kaya akan gizi ini sangat cocok dihidangkan sebagai menu makan siang untuk keluarga di rumah. Dan sekarang menu satu ini sudah banyak tersedia di berbagai rumah makan di Banyuwangi.

Nikmati harimu selama PPKM dengan kuliner yang enak ini, semoga harimu menyenangkan.

(i)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here