Beranda Kabar Usaha Inspirasi Nadiem Lompatan Pendidikan Indonesia Dari Kacamata Enterpreneur Muda Jember

Nadiem Lompatan Pendidikan Indonesia Dari Kacamata Enterpreneur Muda Jember

0

Jember – Terpilih Nadiem Makariem bos perusahaan Ojek online (ojol) dinilai sebagai lompatan pendidikan Indonesia oleh enterpreneur muda Jember. Pasalnya dunia pendidikan ke depan tidak akan monoton untuk menjadi calon pekerja, tapi juga bisa memberikan gambaran sebagai calo enterpreneur muda yang memiliki latar belakang pengusaha terdidik dan profesional skill.

Founder New Generation Development Program, Cici Esti Nalurani menyampaikan, seseorang menjadi pengusaha (enterpreneur) latar belakangnya karena kepepet atau karena keadaan.

“Tapi sekarang berbeda. Karena kalau bisa direncanakan dari awal, kenapa tidak?” Kata Cici saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (31/10/2019).

Menteri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) dengan latar belakang CEO, katanya, akan memberikan nuansa baru dalam dunia pendidikan.

“Kepiawaian Mendikbud di dunia usaha diharapkan mampu memberikan nuansa baru bagi dunia pendidikan di Indonesia. Apalagi kita tahu, Nadiem adalah Founder GoJek salah satu Unicorn bahkan decacorn di Indonesia,” ungkapnya.

Cici beranggapan, saat ini dunia pendidikan kita tidak beriringan dengan apa yang diajarkan ketika di sekolah ataupun di bangku kuliah sekarang.

“Harus ada perubahan mindset pada mereka, apapun pendidikan yang mereka tentukan sangat berpengaruh di dunia usaha,” jelasnya.

Terlebih lagi menurut Cici, pesatnya perkembangan teknologi mempermudah pelaku dunia usaha untuk berinteraksi langsung antar pengusaha.

“Saya berbeda orang tua yang lain, jika anak-anaknya pegang gadget mereka justru khawatir, kalo saya tidak, karena jika anak sekarang tidak pegang gadget maka mereka akan tergerus juga, sekarang ada 4.0 dan sebagainya. Kita jangan menghindari itu, justrus harus beradaptasi dengan itu” jelasnya.

Dengan teknologi yang berkembang pesat, menurutnya, pendidkan saat ini harus dirubah untuk memperbaiki mindset atau gool setting mereka dalam menggunakan teknologi, Pasalnya jika perilaku tersebut tidak dirubah, maka akan salah arah juga.

Cici berharap dengan terpilihnya Nadien Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, sistem  pendidikan di Indonesia akan mengalami perubahan yang sangat besar.

“Semua tau siapa Nadiem Makarim, dia jauh dari kata birokrat sudah pasti tau produknya bagaimana? Produk usahanya bisa dikatakan “penceng” atau jarang dipikirkan orang, namun dia masih bisa mikirin, sudah pasti arah pendidikan akan berorientasi pada bisnis” tuturnya.

“Saya sangat optimis, susunan kabinet saat ini  mengkolaborasikan para pengusaha muda, dengan kata lain, kehadiran menteri-menteri yang ajaib ini, menurut saya kedepan pasti akan ada sekolah-sekolah entrepreneur, professional skill yang dulunya berbayar dengan sangat mahal, mungkin dengan kehadiran mereka saya berharap di gratiskan,” pungkasnya. ( ark )

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here