Beranda El John Menparekraf Ajak Unsur Pentahelix Jalani 3G Untuk Pulihkan Pariwisata dan Ekraf

Menparekraf Ajak Unsur Pentahelix Jalani 3G Untuk Pulihkan Pariwisata dan Ekraf

0

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno  mendorong dunia usaha, institusi pendidikan, komunitas dan media yang menjadi unsur pentahelix untuk menjalankan 3G yakni gercep (gerak cepat), geber (gerak bersama) dan gaspol (garap semua potensi) agar dapat membangkitkan kembali sektor pariwisata dan  ekonomi kreatif di tengah pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Menparekraf saat memberikan kata sambutan pada acara virtual talkshow  World Tourism Day dengan tema “Pro-Kontra Kesehatan dan Ekonomi: Bisakah Berdampingan di Masa Pandemi” yang disiarkan langsung oleh EL JOHN TV, Sabtu (17/7/2021).

Virtual talkshow ini diinisiasi oleh Yayasan World Tourism Day dan bekerjasama dengan PATA Indonesia, Ikatan Cendekiawan Pariwisata Indonesia (ICPI), EL JOHN Media dan sejumlah perguruan tinggi pariwisata. Yang bertindak sebagai pembawa acara pada virtual talkshow ini yakni Putri Pariwisata Indonesia 2020 Jessy Silana Wongsodiharjo.

“Kita harus melihat dua fakta sekaligus pertama melihat masyarakat yang menuntut kerja keras pemerintah untuk mengatasi pandemi Covid 19. Oleh karena itu pemerintah harus hadir, pemerintah harus berpihak kepada masyarakat. Yang kedua tentunya aspirasi masyarakat yang sekarang ini kita perlu perhatikan untuk program-program pemerintah. Masyarakat yang ada di lapisan terbawah lah yang harus kita perhatikan, kita harus berpihak kepada mereka,” kata Menparekraf.

Menparekraf optimis, unsur pentahelix dapat merangkul bersama untuk memulihkan kembali sektor Pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Saya yakin dengan bergandeng tangan dan bergotong royong dengan dunia usaha, media, komunitas masyarakat dan institusi pendidikan, kebijakan kita  bisa menghadirkan solusi-solusi konkret  dan mengubah model bisnis Pariwisata dan ekonomi kreatif agar lebih berkualitas dan berkelanjutan,” kata Menparekraf.

Menurut Menparekraf, masyarakat sedang menanti upaya bersama yang dilakukan unsur pentahelix untuk memulihkan perekonomian yang mengalami dampak luar biasa dari pandemi ini

“Covid-19 membuat kita meningkatkan kesabaran kita dan juga tentunya meningkatkan inovasi kita dalam memberikan solusi kepada masyarakat. Oleh karena itu kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas kita, sekarang di nanti-nanti oleh masyarakat,” ujar  Menparekraf.

Tak lupa, Menparekraf juga mengingatkan upaya yang dijalan tentu harus diperkuat dengan protokol kesehatan “Kita harus terus terapkan protokol kesehatan bangkit di saat sulit, menang melawan Covid, together with Pata, ye we can do it,” tutup Menparekraf.

Ketua Yayasan WTD  Indonesia Dr. Agus Canny,M.A.,M.Sc berharap vritual talkshow ini  menajdi share and learning bagi seluruh pemangku kepentingan Pariwisata dan juga sebagai sarana untuk silaturahmi antar profesi industri dan insan Pariwisata.

“Besar harapan kegiatan ini memberikan sumbangsih ide dan pemikiran kritis bagi kebangkitan dan kemajuan Pariwisata Indonesia,” kata Agus.

Sementara itu, Ketua Umum ICPI Prof. Azril Azahari yang menjadi salah satu narasumber dalam virtual talkshow ini mengatakan bahwa kebijakan yang konsisten menjadi salah satu solusi untuk mengatasi pandemic dan juga memulihkan perekonomian.

“Kalau menurut saya kebijakan lagi, harus konsisten pada kebijakan bagaimana sudah ada tapi porsinya, jadi harus jangan setengah hati full, mudah-mudahan ini bisa kita jalankan. Karena di Pariwisata itu sekarang sudah bergeser,” kata Prof Azril.

“Jadi harus serius pemulihan kesehatan dulu baru bisa vaksin itu jalan baru ekonomi kita bisa jalan kalau tidak tunggu saja entah kapan apalagi PPKM nya diperpanjang lagi sampai 2 Agustus saya setuju itu, tapi bagaimana ekonominya,” tambahnya.(www.eljohnnews.com)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here