Beranda Kabar Wisata Mengintip Takjubnya Goa Sodong Sebagai Wisata Pilihan Nan Mengagumkan

Mengintip Takjubnya Goa Sodong Sebagai Wisata Pilihan Nan Mengagumkan

0
foto: republiknews.id

BANYUWANGI – Di tengah musim pancaroba seperti saat ini, tak menjadi penghalang bagi para wisatawan untuk menikmati eloknya kekayaan alam di Kota Banyuwangi. Pasalnya, kini Kota yang terkenal akan pariwisata dan ragam budaya ini memiliki sejumlah destinasi pilihan bagi para pelancong yang mampir di sini. Mulai dari sumber mata air, pemandian, hingga air terjun tersedia penuh di wilayah Licin, Glagah, dan Giri, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Salah satu destinasi yang unik dan membuat mata tak terpejam ialah Wisata Goa Sodong yang terletak di Dusun Pelinggihan, Desa Grogol, Kecamatan Giri, Banyuwangi. Lokasinya tidak begitu jauh dari arah Banyuwangi kota, serta akses jalan menuju ke Goa Sodong pun kini sudah bagus.

Bagi pengunjung luar kota yang akan menuju Goa Sodong tak perlu risau akan rutenya karena destinasi tersebut sudah tersedia di aplikasi Google Maps. Sedangkan, bagi pengunjung dalam kota, bisa langsung melewati Wilayah Penataban atau melewati Kemiren.

Biaya tiket masuk di Goa Sodong sangat terjangkau. Hanya merogoh kocek sejumlah Rp5.000,00 saja, pengunjung sudah bisa menikmati pemandian segar ditambah hawa yang sejuk sambil dikelilingi oleh pepohonan. Oleh karena itu, melihat suasana Goa Sodong yang begitu menggiurkan mata ini membuat para pengunjung akan betah berlama-lama di sini, apalagi saat musim panas.

Konon katanya, dahulu Goa sodong merupakan tempat pertapaan para sesepuh Desa Grogol. Kisahnya berawal dari adanya sosok sesepuh Desa Grogol yang bernama Mbah Kecling atau H. Hasan yang merupakan anak dari Wong Agung Wilis (seorang pejuang Blambangan di masa penjajahan Belanda).

Tetapi, seiring berjalannya waktu, kini kawasan Goa Sodong sudah dijadikan sebagai destinasi wisata yang menarik oleh masyarakat setempat. Wisata ini cocok dijadikan short escape bagi visitor yang jenuh dengan hiruk pikuk kota.

Jika diliat dari penampakannya, Goa Sodong memiliki mulut goa yang terlihat begitu kecil. Akan tetapi, jika sudah memasuki goa, maka akan lebih terasa luas dan longgar. Keunikan goa tersebut lantaran terdapat mata air yang dialirkan keluar goa melalui pipa.

Selain dipenuhi view alam dan goa yang begitu memukau, ternyata kawasan Goa Sodong juga menyediakan fasilitas pemandian yang langsung diairi dari sumber asli. Oleh sebab itu, jangan kaget jika airnya terasa sangat dingin dan jernih.

Perlu pengunjung ketahui ternyata pernah dikisahkan bahwa kolam pemandian tersebut dipercaya merupakan pertemuan dari tujuh mata air yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Begitulah gambaran dari Kawasan Wisata Alam Goa Sodong. Melihat kondisi alam yang sangat mempesona ini tak ayal membuat pengunjung ingin kembali bersua mengunjungi Goa Sodong. Lagipula, wisata ini tak memberi batasan umur. Jadi, mulai anak-anak hingga lansia dapat menikmati.

Pengelola wisata Goa Sodong juga menyediakan balai gazebo yang dapat digunakan untuk bersantai ceria sambil menyantap kudapan bersama keluarga atau kerabat. Jadi, untuk apa diragukan lagi. Yuk berlibur di Goa Sodong, Banyuwangi, Jawa Timur.

(Media9/ 25/7/21).

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here