Beranda Kabar Usaha Inspirasi Mengintip Budidaya Anggrek Hibrid

Mengintip Budidaya Anggrek Hibrid

1

Jember – Seorang pemuda di Jember sukses mengembangkan tanaman anggrek persilangan (hibrid). Dari hasil persilangan itu, menghasilkan aneka warna anggrek yang mempesona dan khas. Karena unik, anggrek anggrek itupun di jual dengan harga ribuan hingga jutaan rupiah. Bahkan penjualan hingga merambah luar pulau.

Budi Sugiarto, warga Desa Panti, Kecamatan Panti Jember adalah pembudidaya Anggrek Hibrid itu. Semula Budi  mencoba coba melakukan persilangan anggrek lokal dengan anggrek Taiwan.

Percobaan itupun tidak langsung berhasil,  karena kerap kali anggrek mati kekurangan asupan air dan nutrisi. Namun dengan terus memperlakukan tanaman anggrek dengan baik, seperti memberi asupan air yang cukup ditambah bawang merah  yang dihaluskan berikut ditambah msg,  ternyata pertumbuhan anggrek persilangan itupun tumbuh dengan sempurna.

Untuk merangsang bunga, budi menggunakan air cucian beras dan air kelapa. Dan kini, ia merasakan hasil dari jerih payahnya melakukan uji coba bertahun tahun itu dari tanaman anggreknya seperti jenis Dendro, Vanda dan Bulan yang kesemuanya bermekaran berikut  elok di pandang mata.

Semula hanya hoby, kini oleh Budi kegiatan itu di jadikan bisnis yang menggiurkan karena telah banyak peminatnya.

“ tanaman anggrek yang saya budidayakan ini sekarang banyak di lirik masyarakat, karena bunganya unik dengan aneka warna warni yang mempesona,”tutur Budi.

Salah satu pembeli bernama Endang, mengaku warna warni anggrek  hibrid ini sangat bevariasi, sehingga indah di pandang mata.

“keindahan warnanya membuat saya terhipnotis untuk membeli anggrek itu sebagai hiasan di rumah,” tutur Endang.

Budi tak hanya melayani permintaan masyarakat Jember namun sudah merambah keluar pulau seperti  Aceh hingga Papua. (bbg)

1 Komentar

Tinggalkan Komentar