Beranda Kabar Usaha Inspirasi Menghidupkan Kembali Pelanggan Yang Kecewa

Menghidupkan Kembali Pelanggan Yang Kecewa

0
picture by ; keeping

Jember, – Seorang kontraktor yang memenangkan penghargaan di Savannah, Georgia, (yang kebetulan kakak saya) menulis suatu contoh yang bagus tentang mengapa sebuah keterampilan layanan pelanggan sangat penting bagi sebuah bisnis.

“Dalam bisnis saya (konstruksi dan renovasi rumah), saya punya banyak akun pemasok berbeda yang mendukung industri yang saya jalani. Kadang-kadang saya menggunakan layanan mereka dan kemudian tidak menjumpai mereka dalam 8 – 12 bulan berikutnya atau kapan saya membutuhkan mereka lagi untuk proyek berikutnya. Namun, ketika saya ingin melakukan pesanan pasokan baru, beberapa perusahaan telah menonaktifkan akun saya,sehingga saya harus mendaftar kembali”.

“saya bertanya kepada mereka, mengapa mereka tidak mengirim surat untuk mengingatkan bahwa akun saya telah tidak aktif, dan akan ditutup? Atau,mungkin mereka bisa menawarkan saya sebuah insentif agar kembali dan melakukan pembelian, dan bukan hanya membiarkan saya pergi. Setelah itu, mereka memiliki saya sebagai pelanggan yang baik. Saya hanya berpikir, hal ini mungkin terjadi di industri yang lain”.

Ini adalah pertanyaan besar, dan titik luar biasa bagi siapapun yang ingin mengembangkan bisnis. Ketika sebuah perusahaan mendapat keuntungan dari sebuah bisnis  seorang pelanggan, sangat tidak masuk akal bagi mereka untuk menutup rekening hanya karena pelanggannya tidak memesan kembali selama beberapa waktu…bahkan dalam waktu yang lama. Kecuali ada biaya                                                                                 besar untuk menjaga akun tersebut tetap aktif, Anda harus memungkinkan pelanggan untuk kembali kapan saja, dan menyambut mereka kembali dengan antusias. Ini hanyalah sebuah aplikasi dasar keterampilan pelayanan pelanggan yang baik.

Ingatlah, sekali pelanggan membeli dari Anda, mereka akan menjadi akrab dengan produk Anda, lokasi Anda, sistem pemesanan, dan cara Anda melakukan bisnis. Jika mereka telah membuka akun, maka waktu tambahan telah diinvestasikan  dalam menyelesaikan dokumen dan akan melalui proses persetujuan akun baru. Orang ini telah menginvestasikan waktu, tenaga dan uang untuk menjadi pelanggan Anda. Karena itu, mengapa Anda tergesa-gesa untuk menutup akun mereka? Kurangnya keterampilan layanan pelanggan dapat merugikan bisnis Anda dalam jangka panjang.

Alih-alih menutup akun, apabila nasihat saudara saya, terapkan keterampilan layanan pelanggan yang baik dan bergeraklah kearah yang positif. Kirimkan surat kepada pelanggan Anda dan bertanya, “bagaimana kabarmu? Kami tidak mendengar kabar Anda akhir-akhir ini dan kami merindukan Anda.” Berikan insentif, diskon atau penawaran khusus lain untuk mendapatkan pelanggan ini kembali ke bisnis Anda. Letakkan tanggal kadaluarsa yang wajar untuk mendorong respon yang cepat. Biarkan mereka tahu Anda ingin mereka kembali, dan Anda  menghargai nilai bisnis mereka. Menggunakan keterampilan pelayanan yang baik seperti ini dapat meningkatkan bisnis Anda.

Catatan: jika diharuskan, beritahu pelanggan Anda agar akunyan terus bersetatus aktif pada tanggal tertentu. Hal ini dapat diterima dan masih menempatkan keterampilan layanan pelanggan yang solit. Beritahu juga kepada mereka bahwa mengaktifkan akun tersebut mudah dilakukan kapan saja selama mereka siap.

Anda akan kagum pada profitabilitas usaha Anda dalam menerapkan keterampilan layanan pelanggan. Pelanggan akan senang dengan kemurahan hati dan perhatian Anda. Janagn menganggap pelanggan Anda itu “mati”. Namun, buatlah mereka agar selalu hidup.

POIN KUNCINYA ketika sebuah akun pergi dengan tenang, jangan menganggap pelanggan tersebut juga akan pergi. Gunakan keterampilan layanan pelanggan yang sangat baik untuk mengetahui apa yang sedang terjadi. Mereka mungkin sedang menunggu, sibuk dengan sesuatu yang lain, atau hanya lupa dimana Anda atau bagaimana menghubungi Anda! Salah satu upaya reaktivasi dapat membuat perbedaan antara pelanggan yang datang sekali dan hilang selamanya, dan pelanggan yang datang sekali, diundang kembali dan tinggal bersama Anda selamanya.

LANGKAH TEPAT YANG HARUS ANDA LAKUKAN Identifikasi pelanggan Anda yang hilang dalam beberapa waktu, cukup untuk tertidur, atau bahkan mati. Kemudian, buatlah proses sederhana untuk menghubungi para pelanggan, dan beritahu mereka bahwa Anda ingin mereka kembali. Berikan mereka insentif untuk melakukan bisnis dengan Anda dalam waktu dekat. Anda akan senang dengan keterampilan layanan pelanggan yang luarbiasa! ( sme / ron k )

Tinggalkan Komentar