Beranda Otomotif Menghemat Kampas Rem Agar Tidak Cepat Aus

Menghemat Kampas Rem Agar Tidak Cepat Aus

0

Jember, – Saat berkendara dan menyusuri jalanan yang berliku naik turun atau terjebak dalam padatnya lalu lintas, seringkali memaksa kita untuk menginjak pedal rem. Jika digunakan secara rutin dan sering, tentunya akan berpengaruh pada bagian kampas rem mobil dan berbagai komponen rem lainnya. Salah satu masalah yang timbul adalah rem yang cepat aus.

Padahal, terdapat beberapa cara atau teknik yang bisa Anda gunakan sehingga dapat Anda gunakan agar kampas rem mobil Anda serta beberapa komponen rem lainnya tidak cepat aus saat menghadapi berbagai medan jalan.

Saat Lalu Lintas Padat
Ketika berjalan di lalu lintas yang padat merayap atau kemacetan, teknik yang sebaiknya digunakan adalah tetap dalam posisi berkendara yang kalem atau santai dan tidak agresif. Selain itu, bertahanlah di posisi gigi rendah, serta injak pedal gas secara perlahan-lahan saat melakukan akselerasi.

Pedal gas yang ditekan secara perlahan-lahan tentunya akan membuat Anda tidak perlu lagi melakukan pengereman terlalu dalam. Kondisi ini tentu akan membuat kampas rem Anda lebih hemat.

Saat berada di jalur tanjakan dan turunan
Jalur seperti ini akan banyak Anda temukan di daerah pegunungan dan perbukitan. Secara umum, melakukan pengereman di kondisi jalur yang menanjak dan menurun tidak dapat terelakkan lagi.

Seringkali ditemui, pengemudi yang membiarkan laju kendaraannya tetap pada gigi tinggi saat menyusuri jalur menurun, dan memilih untuk menginjak rem agar laju kendaraan tidak terlalu cepat.

Kondisi ini tentunya akan membuat rem menjadi cepat aus. Karena itu, kami menyarankan agar Anda memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di dalam mobil Anda, seperti fitur engine brake ketika melintasi turunan yang tajam sehingga posisi gigi menjadi lebih tepat dan laju kendaraan dapat ditahan.

Melalui fitur ini, pengemudi tidak perlu lagi menginjak pedal rem secara terus menerus , sehingga pengereman hanya dilakukan saat diperlukan saja.

Fitur engine brake yang disematkan pada mobil mempunyai peran yang sangat penting, terutama saat melibas turunan tajam dan panjang. Bukan hanya itu saja, fitur ini juga dapat menghindari kampas rem gosong akibat panas yang dihasilkan serta mengurangi risiko kecelakaan.

Tanpa menggunakan fitur ini, oli atau pelumas rem juga akan cepat panas sehingga memungkinkan terjadinya kecelakaan yang berakibat fatal akibat rem blong. Karena itu, sebaiknya Anda benar-benar memperhatikan fitur ini saat membeli kendaraan.( otomart.id )

Tinggalkan Komentar