Beranda Kabar Lainnya Menengok Kontes Ikan Louhan

Menengok Kontes Ikan Louhan

0

Jember – Ikan yang satu ini memiliki keindahan warna, bentuk yang unik, serta ukuran yang bervariasi.  Ikan yang pertama kali dikembangkan di Thailand ini, kini kembali digemari di Indonesia.

Buktinya,  Komunitas ikan Louhan Jawa Timur menggelar kontes untuk menentukan ikan terbaik dan terindah.

Kontes di gelar di arena Sevendream Jember, yang di ikuti oleh ratusan peserta tak hanya dari Jawa Timur, namun dari kota lain di Indonesia.

Suasana Kontes Ikan Lauhan di Sevendream Jember

Louhan dengan berbagai bentuk, ukuran, dan warna yang menawan, seperti chencu dan cingwa,  yang memiliki kombinasi warna strong perpaduan merah, hitam, silver dan kekuningan di ikutkan dalam kontes ini.

Tak pelak, pengunjungpun takjub melihat berbagai jenis Ikan Louhan dengan warna yang mempesona.

“ saya terkesima dengan ratusan laouhan yang di konteskan ini, karena sangat bagus dan memiliki warna yang khas, dimana satu sama lain memiliki warna yang berbeda ,” ujar Taufik, salah satu pengunjung.

Menurut  Erwin, panitia kontes Louhan,  ada beberapa kriteria yang di nilai dalam kontes ikan Louhan tersebut, selain kepala besar, juga marking flower.  Dan ke khasan  ini sangat menentukan penilaian.

Kebanyakan Louhan yang di lombakan ini merupakan hasil hibrit, yakni di budayakan sejak kecil dengan perawatan dan pemberian asupan makanan yang baik, sehingga saat besar Louhan terlihat indah dan menarik.

“ Lauhan dengan perawatan dan dipelihara dengan baik, di pastikan akan tumbuh dan berkembang sempurna, sehingga bentuk dan warnannya juga bervariasi yang juga memberikan poin saat kontes,” papar Erwin.

Selain menerima tropy, pemenang kontes juga akan menerima uang pembinaandari panitia. Dan jika telah memenangkan lomba, kebanyakan harga Ikan Louhan langsung terdongkrak tinggi hingga mencapai ratusan juta rupiah.(bbg)

Tinggalkan Komentar