Beranda Kabar Lainnya Menengok Kasus Difteri di Indonesia

Menengok Kasus Difteri di Indonesia

0
Pertemuan Membahas Difteri di Hotel Aston Jember

Jember – Di Indonesia menurut data kementrian kesehatan sepanjang tahun 2017 lalu,terdapat 954 kasus difteri di 170 kabupaten/kota di 30 provinsi,dimana 44 orang yang terjangkit virus tersebut dinyatakan meninggal dunia.Suatu wilayah dikatakan mengalami kejadian luar biasa difteri apabila ditemukan minimal satu kasus terduga difteri. Dengan terjadinya KLB difteri diberbagai daerah maka harus segera dilakukan outbreak response immunization.

ORI adalah program imunisasi tambahan yang dilaksanakan dalam rangka penanganan KLB. Penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Di Jawa Timur misalnya kini  dinyatakan mengalami KLB karena banyaknya warga yang terdeteksi terpapar virus difteri dan sudah ada belasan korban meninggal dunia.

Oleh karenanya imunisasi menjadi cara paling efektif mencegah difteri, karena estimasi cakupan imunisasi DPT 3 pada balita Indonesia masih di angka 50-79%, sedangkan untuk memenuhi herd immunity threshold, diperlukan cakupan antara 90%-95%.

Berdasarkan penelitian panjang dan data data dilapangan, vaksin DPT terbukti terbukti ampuh untuk mengurangi kasus difteri hingga 95%.

Epedemi difteri di Rusia pada tahun 1994 dikarenakan menurunnya angka cakupan imunisasai. Pada tahun 1994 federasi Rusia mencatat pada tahun 1990 hanya ada 1.211 kasus dikarenakan cakupan vaksinasi yang luas.

Pada tahun 2004-2009 tidak ada kasus difteri satupun ditemukan di Amerika. Padahal pada tahun 1900 sebelum vaksin, terdapat 147.991 kasus difteri yang mengakibatkan 13,170 kematian. (Berbagai sumber).

 

Tinggalkan Komentar