Beranda Kabar Usaha Keuangan Memilih Pembiayaan Yang Tepat Untuk Usaha Anda

Memilih Pembiayaan Yang Tepat Untuk Usaha Anda

0

Jember, – Keluhan umum pada seseorang yang memiliki ide adalah masalah keuangan. Mengapa? Banyak ide atau mimpi seseorang akhirnya mati karena menunggu dan mengharapkan sebuah dana besar yang mendarat di pangkuan mereka, kemudian bisa diaplikasikan untuk idea tau mimpi mereka.

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa digunakan saat berusaha mengumpulkan dana bagi bisnis Anda. Namun pertama-tama Anda harus memiliki beberapa rencana. Apa saja;

PEMBIYAYAAN DIRI
Saya menyebutnya sebagai pembiayaan diri karena cara penggalangan dana untuk bisnis adalah sebuah premis yang bisa dimengerti. Jadi, dana Anda secara pribadi berbeda dengan dana yang digunakan untuk bisnis Anda. Misalnya, Anda memakai uang tabungan atau uang yang Anda hemat untuk memulai bisnis Anda. Hal itu sama saja dengan Anda meminjam uang untuk memulai bisnis atau investasi yang Anda lakukan kepada diri Anda sendiri.

Dengan pembiyayaan secara mandiri, Anda bisa menentukan kapan Anda ingin meninggalkan pekerjaan, membayarnya, atau ketika Anda ingin memulai, kemudian menyimpannya secara bertahap. Pembiyayaan mandiri adalah metode paling umum, walau banyak orang yang mendapatkan masalah ketika menggunakan sistem ini. Sebabnya, mereka merasa memiliki bisnis dan uang itu, setelah itu mereka juga yang akan menghabiskannya. Tapi, hal ini menjadi metode paling aman.

INVESTASI: PENJUALAN & KEWAJIBAN
Seperti Anda pertam kali harus menjual apa untuk mencapai tujuan Anda. Ada saat-saat uang mungkin tidak tersedia, tetapi Anda memiliki investasi atau kewajiban yang di simpan disuatu tempat. Jika Anda benar-benar bergairah dengan impian Anda, salah satu hal yang akan menguji komitmen Anda adalah apakah Anda bersedia untuk menyerah. Saya tahu, banyak orang yang memasuki dunia bisnis, akan menjadikan mobil,tanah, atau lainnya menjadi aset atau kewajiban, tergantung beban dan biayanya. Tetapi jika Anda melihat lebih jauh ke depan dari aktiva saat ini, mungkin Anda tidak terlalu kecil untuk menyerah dalam bisnis.

Kemitraan disini terjadi ketika Anda biasanya mewujudkan sebuah mimpi yang mungkin lebih besar dari dana Anda. Dengan catatan; pembagian ide dihadapkan pada duplikasi atau pematangan yang benar. Kemudian, jika ingin visi Anda lebih tumbuh, Anda harus berbagi. Kemitraan adalah datang bersama dibawah kesepakatan dengan berbagai isu, peran dan fungsi, pendanaan, dan pembagian hasil.

Bila impian Anda lebih besar dari minat Anda, kemitraan mungkin hal yang bisa dipirkan. Mungkin Anda ingin menggunakan jasa perusahaan yang lebih kuat, atau uang tunai yang lebih banyak dari pada yang Anda miliki saat ini. Namun, hati-hatilah untuk berbagi ide. Pada edisi selanjutnya, saya akan bahas cara untuk melindungi kekayaan intelektual Anda.

TEMAN ANDA DAN KELUARGA
Jalan lain untuk pendanaan dana untuk bisnis adalah memanfaatkan keluarga dan hubungan teman. Anda menggunakan uang orang lain (Other Person Money) untuk membiayai ide-ide Anda. Kemudian, teman dan anggota keluarga Anda memiliki uang tunai yang dibutuhkan. Jika rencana Anda cukup meyakinkan dan sangat layak, pasti Anda akan menerima jumlah sumber daya yang dibutuhkan.

KEMAMPUAN INDIVIDU
Seperti pendanaan teman atau keluarga, disini ide-ide Anda menggunakan uang orang lain dalam pembiayaannya. Bedanya, ada beberapa individu berpenghasilan tinggi yang memiliki uang dan mencari orang-orang yang memiliki ide yang memerlukan dana. Orang-orang ini bersedia untuk melihat ide-ide Anda dan membantu Anda untuk dana tersebut. Beberapa orang bahkan mungkin berusaha untuk bermitra dengan Anda dalam bisnis. Sedangkan, sebagian lainnya memiliki perusahaan pembiayaan untuk menjadi bagian dari cara mereka sendiri, dan diberikan kembali kepada komunitas mereka.

LEMBAGA SPONSOR
Disini termasuk bank-bank investasi, perusahaan modal ventura, organisasi pendanaan UKM dan Lembaga Keuangan Mikro. Ada berbagai institusi, bahkan didukung oleh pemerintah dan diberdayakan untuk mendukung pertumbuhan bisnis dengan tingkat bunga yang wajar yang terkadang bank-bank lain secara alami tidak mau memberikannya. Carilah daftar bank keuangan mikro dan perusahaan diinternet dan media. ( sme )

Tinggalkan Komentar