Beranda Teknologi Memilih Investasi Teknologi Yang Efektif

Memilih Investasi Teknologi Yang Efektif

0

Jember – Saat ini, teknologi menjadi bagian penting dari bisnis. Masalahnya, mengapa hingga saat ini beberapa pemilik bisnis masih merasa investasi mereka di bidang teknologi hanya menjadi pekerjaan membuang dana? Masih ada yang berpikir (mungkin) teknologi bisa bekerja denganbaik bagi pemilik usaha lain, tetapi tidak berfungsi bagi mereka sendiri.

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga investasi Anda dalam teknologi bisa efisien dan efektif.

  1. Apakah TI Menjadi Bagian Dari Rencana Bisnis Strategi Anda ?

Teknologi memang rumit, membingungkan dan mengintimidasi. Namun, saat ini teknologi erat hubungannya dengan keberhasilan dan peningkatan beberapa bisnis. Mengapa? Berikut alasannya;

  • Info klien Anda di simpan di komputer
  • Data penjualan Anda, disimpan pada komputer dan memerlukan perangkat lunak canggih untuk melacaknya
  • Karyawan Anda bekerja dengan komputer, dan lebih efisien dilakukan jika memiliki sistem jaringan.
  • Komunikasi Anda mengandalkan email, perangkat lunak. Bahkan, telepon seluler Anda terkadang juga tergabung dalam komputer kantor.
  • Semua data Anda perlu dilindungi, didukung dan tersedia untuk dipulihkan jika sebuah bencana terjadi.

Jika Anda belum memikirkan betapa pentingnya audit TI secara regular dan hasilnya bagi perusahaan Anda, maka kesimpulannya,  Anda terlalu banyak meninggalkan kesempatan.   TI merupakan bagian integral dari bisnis. Fokus, anggaran dan pertimbangan yang tepat, bisa memperlihatkan bagaimana teknologi dapat menambah nilai rencana strategis bisnis Anda secara keseluruhan.

  1. Apakah Teknologi Yang Digunakan Anda Cocok Dengan Rencana Bisnis Yang Ada Atau Anda Mencoba Sedang Membuat Rencana Bisnis Yang Sesuai Dengan Teknologi Yang Anda Miliki ?

Jika strategi bisnis Anda membutuhkan sebuah tim tenaga penjual yang bergerak secara bebas,hal itu harus didukung oleh staf TI Anda, agar biaya yang Anda keluarkan lebih efisien dan memiliki waktu yang memungkinkan. Misalnya, jika Anda memiliki alur proses kerja yang harus dilakukan dari orang A ke orang B kemudian ke orang C, maka desain TI Anda pun harus menyesuaikan alur itu. Jika tidak, hal itu akan memakan biaya, waktu, dan uang.

Jangan membuat kesalahan dengan membuat penyesuaian agar strategi bisnis Anda bisa masuk kedalam TI yang sudah ada. Karena hal itu malah bisa menghancurkan bisnis Anda. Mintalah bantuan penasihat TI yang terpercaya. Jadi, Anda dapat menemukan dan menerapkan solusi yang mendukung kebutuhan bisnis, menambah nilai bagi perusahaan dan menyederhanakan operasi harian bagi seluruh tim Anda.

  1. Apakah Teknologi Anda Aman ?

Ancaman yang mungkin Anda temui diantaranya:

  • Virus
  • Sebuah virus dari jaringan yang luas
  • Kebakaran
  • Kegagalan perangkat cadangan Anda
  • Pencurian data oleh karyawan Anda

Hal lainnya adalah munculnya para hacker teknologi yang sering bersenang-senang menjebol sebuah sistem. Tidak sedikit bisnis yang terkena gangguan ini. Bila satu kejadian sial terjadi pada Anda, maka hal itu bisa menjadi bukti besar bahwa Anda butuh investasi besar untuk keamanan yang sesuai.

  1. Pilih Teknologi Baru

Apakah Anda membeli sebuah perangkat teknologi hanya sesuai kebutuhan? Yang akhirnya, malah membuat tim Anda lambat. Apakah server Anda cukup? Atau apakah Anda terus berinvestasi pada perangkat lama walau sebenarnya sistem Anda membutuhkan yang baru?

Anda harus tegas untuk menjawab beberapa pertanyaan itu. Teknologi adalah investasi. Dan perusahaan Anda dapat memberikan keunggulan kompetitif yang cukup dengan teknologi. Karena itu Anda mungkin tidak ingin menghamburkan uang pada teknologi yang tidak diperlukan. Tapi, jangan pula Anda melawan keseimbangan, yang sebenarnya bisa memberi bisnis Anda kekuatan yang dibutuhkan untuk maju.

  1. Jangan Tertarik Dengan Yang “LARIS”

Jika Anda pergi berbelanja untuk perangkat TI, atau memberikan anggaran bagi departemen TI, saya jamin mereka Anda akan menemukan sesuatu yang baru. Tidak penting perangkat itu sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda atau tidak, tapi terkadang pembelanjaan yang dilakukan menghasilkan sebuah produk “baru”,”menarik”, atau memiliki solusi yang bisa bekerja dengan Anda.

Namun, Anda harus bertanya lagi, apakah perangkat itu sesuai dengan kebutuhan Anda? Mungkin iya, mungkin juga tidak. Karena itu, carilah solusi yang paling efektif dan paling sederhana untuk kebutuhan Anda, serta cukup mudah bagi semua karyawan untuk digunakan?.

Artinya: Anda tidak perlu menyesuaikan proses bisnis kepada teknologi. Sebaliknya, Anda butuh teknologi yang tepat untuk mendukung proses bisnis Anda secara efisien.

  1. Apa Kebijakan TI Anda ?

Banyak waktu yang terbuang percuma setiap harinya karena seorang staf melakukan sesuatu yang tidak terkait dengan pekerjaan dan bisnis perusahaan dengan perangkat teknologi yang dimiliki perusahaan. Misalnya berselancar di internet, IN, Chating, membuka media sosial, dan email pribadi. Anda mungkin tidak harus keras dan menghentikan segala kegiatan itu, tetapi Anda bisa memonitornya, dan secara signifikan mengurangi terbuangnnya jam produktif para staf Anda. ( sme )

Tinggalkan Komentar