Beranda Teknologi Memanfaatkan Besi Bekas Menjadi Alat Pencabut Tanaman Singkong

Memanfaatkan Besi Bekas Menjadi Alat Pencabut Tanaman Singkong

0

Musim kemarau ternyata membuat resah tak hanya petani padi, namun juga petani singkong. Pasalnya, saat musim kemarau tekstur tanah sangat keras dan sulit memanen singkong.

Namun dengan alat pencabut singkong buatan mahasiswa Jember ini, para petani singkong kini tak perlu kesulitan lagi memanen singkongnya.

Alat pencabut singkong buatan mahasiswa Polije adalah solusinya.alat ini sederhana namun memiliki efektifitas yang sangat tinggi, karena petani tidak lagi perlu mencabut dengan tangan, namun cukup dengan alat tersebut.

Alat ini dibuat dengan besi bekas yang banyak di jumpai di sekitar kita, dengan di modifikasi sedemikian rupa mirip alat penjepit kemudian di tekan dari belakang dari atas ke bawah, singkong yang tadinya sulit di cabut kini sangat mudah.

Para petani singkong di Jember sangat senang dengan temuan alat tersebut, yang nantinya dapat di gunakan sebagai alat untuk mempercepat dan mempermudah pekerjaannya.

“ kami sangat terbantu dengan keberadaan alat pencabut singkong buatan mahasiswa Polije ini, karena lebih efisien dan efektif apalagi cara kerjanya sederhana “, papar bunadin , salah satu petani singkong asal kecamatan sumbersari.

Bunadin menambahkan,memang saat musim hujan ia bisa mencabut singkong dengan cara manual  karena kondisi tanah gembur, namun saat musim kemarau seperti sekarang ini, Bunadin mengaku sangat kesulitan.

Kini Bunadin tak perlu lagi mencabut singkong yang akan dipanen dengan menggunakan tangannya lantaran keberadaan alat tersebut.

Menurut Bahtiar,  mahasiswa Polije jurusan teknik pertanian,  sengaja membuat  alat ini untuk memudahkan petani singkong saat musim panen, sehingga meringankan petani saat mencabut singkong di tanah yang keras dan bercadas.

Jember merupakan salah satu  sentral singkong, yang kebanyakan bahan tersebut di gunakan untuk membuat tape, dodol atau suwar suwir yang merupakan makanan khas jember. (bbg).

 

 

Tinggalkan Komentar