Beranda Liputan Terkini Melirik Alat Pembersih Feses Ayam Petelur Sistem Mekanis

Melirik Alat Pembersih Feses Ayam Petelur Sistem Mekanis

0

Media9.co.id, Jember – Kotoran ayam yang menumpuk di bawah kandang dan tidak segera di bersihkan menjadi sarang penyakit dan berbau. Mengacu permasalahan peternak ayam petelur tersebut, mahasiswa Jember menciptkan alat mekanis dari motor listrik dan belt conveyor, sehingga kotoran ayam langsung berjalan sendiri ke tempat pembuangannya.

Alat mekanis untuk pembuangan kotoran ayam tersebut di ciptakan oleh mahasiswa Polije. Alat ini sangat sederhana, namun akan membantu peternak ayam yang kesulitan untuk membuang kotoran ayam. Karena biasanya, kotoran ayam menumpuk di bawah kandang  dan tidak cepat terbuang, sehingga memicu bau tak sedap dan kerap kali menjadi sarang penyakit.

Dengan alat ini, peternak ayam petelur tidak perlu susah membersihkan kotoran ayam dengan cara di sapu atau di siram air. Namun cukup menekan tombol skakel listrik, dan alat tersebut bisa berjalan sendiri.

“ untuk membuat alat mekanis pembuang kotoran ayam itu, hanya butuh besi bekas sesuai kebutuhan, belt konveyor, motor listrik, kabel, berikut skakelar,” papar Imam Jazuli, pencipta alat tersebut.

Cara kerjanya juga cukup sederhana, mirip eskalator yang terdapat di mall mall.

belt konveyor yang telah di hubungkan dengan motor listrik memutar bagian bawah kandang ayam yang telah di beri talang karet sesuai ukuran kandang,

sehingga kotoran ayam yang menumpuk di talang karet akan berjalan menuju tempat pembuangan, sehingga kotoran ayam tidak lagi terlihat di kandang.

Hasil kerja alat ini sekitar 80 persen, dan sangat efektif digunakan pada kandang ayam petelur. Untuk membuat alat tersebut dibutuhkan biaya 1,5 juta Rupiah.(bbg)

Tinggalkan Komentar